Mempersiapkan Dana Pernikahan

Mempersiapkan Dana Pernikahan

wedding_plans1

Pernikahan adalah salah satu peristiwa penting dalam hidup seseorang. Salah satu aspek penting dalam persiapan pernikahan adalah urusan finansial. Ternyata, dari 91% pasangan yang membuat anggaran pernikahan, 32% pasangan masih tetap over-budget. Apa saja yang harus dipersiapkan agar dana pernikahan tetap aman terkendali?

Agenda pernikahan adalah hal pertama yang harus Anda sepakati dengan calon pasangan dan juga orang tua. Apakah pernikahan hanya menggelar akad nikah, atau akan lengkap dengan kegiatan adat dan pesta resepsi.

Lalu, tentukan budget pernikahan berdasarkan agenda yang telah disepakati. Secara umum, biaya gedung dan catering memakan porsi hingga 45%, kemudian diikuti oleh biaya dokumentasi sekitar 10%, biaya busana, dan lain-lain. Budget pernikahan dibagi menjadi 3 kategori;

Pre-Wedding: Undangan, Mas Kawin/Cincin, Pakaian & Make Up, Acara (pengajian/adat), Wedding Planner.
The Wedding: Akad Nikah, Gedung & Katering, Dekorasi, Hiburan, Foto & Video, Cinderamata, Transportasi.
Post-Wedding: Bulan madu, Hadiah untuk panitia.

Setelah membuat budget yang rapi, maka tentukan darimana sumber dana pernikahan. Idealnya, sumber dana haruslah dari tabungan yang tersedia, diluar dana darurat dan dana pensiun. Mengambil pinjaman dana tunai atau berutang dengan kartu kredit? BIG NO! Janganlah memulai pernikahan dengan utang, apalagi untuk membiayai pesta yang tidak bisa dijadikan aset.

Tips mempersiapkan dana pernikahan
Tabung, tabung, tabung. Menyisihkan 10%-15% dari penghasilan calon pengantin adalah hal yang wajar untuk dilakukan demi membentuk dana pernikahan.

Menjual barang. Apabila pernikahan sudah dekat, sedangkan dana yang dibutuhkan belum terkumpul, Anda bisa mengurangi agenda kegiatan dalam rangkaian pernikahan. Namun, alternatif lain adalah menjual barang yang punya nilai tinggi namun sudah tidak digunakan lagi. Seperti koleksi kartu basket, barang antik, dan lainnya.

Menggunakan paket pernikahan. Carilah potongan harga atau diskon sebanyak mungkin. Datangi pameran pernikahan yang biasanya banyak memberi paket spesial, atau gunakan jasa paket gedung yang umumnya lebih hemat.

Prita Ghozie, Financial Consultant untuk ZAP Finance

loading…


[related_post themes="flat" id="1861"]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

CityHype
Gizmo.id
The GeoTimes
Islandnesia