Background Image

3 Sanksi Sosial Bagi Pembuang Sampah Sembarangan

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menegakkan aturan kebersihan di DKI Jakarta bukan hanya berupa sanksi denda, namun juga sanksi sosial. Peraturan Daerah (Perda) No. 3 tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah menyatakan bahwa sanksi denda Rp500 ribu hingga Rp50 juta.

no littering

Namun sebelum sanksi itu diterapkan kepada warga dan perusahaan yang membuang sampah ke kali, sanksi sosial akan lebih dulu diterapkan. Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Unu Nurdin mengatakan dalam penerapan Perda No. 3/2013, penegakan sanksi hukum denda atau kurungan penjara belum menjadi target utama.

”Saat ini masih tahap sosialisasi untuk edukasi warga. Jadi belum dilakukan penerapan sanksi hukum, kita akan pikirkan sanksi sosial,” kata Unu, dikutip dari Tribunnews.

Menurutnya, sanksi sosial yang bisa dilakukan yakni mengambil foto pelaku pembuang sampah sembarangan dan dicetak dalam ukuran besar kemudian dipajang di sepanjang pinggir kali. Selain itu, sanksi sosial yang disiapkan yakni hukuman fisik seperti push up atau menyapu jalan.

”Nanti dalam penegakan hukumnya kami akan dibantu oleh Satpol PP DKI sebagai satuan petugas penegak perda, kita akan lihat efeknya jika sanksi sosial diterapkan lebih dulu,” ujarnya.

Sumber: Tribunnews

administrator

oellant79@gmail.com

3 Comments
  • Semoga warga jakarta akan sadar dgn kebersihan.

    8 December 2013 at 05:20 Reply
  • vera

    Mdh”an bs terlaksana dg baik sanksi nya, tp klo boleh kasih saran sanksi sosialnya ga usah push up dan nyapu jalan tp dia bersihin sampah” yg ada dikali setiap hari 2 jam slma seminggu sepanjang 50 meter. Cara itu lebih manjur, sekalian bersihin kalinya deh

    8 February 2014 at 14:19 Reply
  • paola

    KªL☺ bisa sangsi yg berat2 sekali sekalian, jakarta banjir salah satu penyebab utama adalah sampah. Saya harap pemerintah berani & tegas , warga jakarta kurang kesadaran tinggi , knp kita tdk bisa bersih seperti di LN

    17 February 2014 at 07:52 Reply

Post a Comment

Password reset link will be sent to your email