Background Image

Yuk! Mengenal Jaklingko Lebih Dalam

InfoJakarta.net –Mungkin sebagian besar dari kita masih sangat asing dengan Jaklingko. Ya, karena pada dasarnya Jaklingko merupakan nama baru yang awalnya Ok Otrip. Lalu, apa itu Jaklingko? Lingko merupakan istilah dari Nusa tenggara Timur yang berarti sawah yang terintegrasi.  Dengan kata lain, Jaklingko adalah sistem terintegrasi . untuk mengenal Jaklingko lebih dalam, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Jaklingko

Bagi masyarakat Jakarta, mungkin sudah familiar dengan program OK Otrip. Karena, pada dasarnya program ini memang sudah di uji coba selama Sembilan bulan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Untuk hasilnya memang sangat memuaskan. Karena sejauh ini angkutan yang masuk ke dalam sistem OK Otrip sudah mulai bus kecil atau angkot dan bus-bus transjakarta. Dengan kondisi yang seperti itu, kini OK Otrip berganti nama menjadi Jaklingko. Dimana dengan nama baru ini program Jaklingko bisa lebih maksimal. mengenal Jaklingko lebih dalam memang sangat penting bagi masyarakat Jakarta. Nah, berikut ini fakta mengenai Jaklingko.

Gratis Naik Angkot Jaklingko

Jika dibandingkan antara uji coba dan penerapannya, Jaklingko ini memang tidak jauh berbeda yaitu masyarakat tetap gratis ketika menggunakan bus kecil atau angkot. Namun, dengan catatan bus atau angkot ini sudah bekerja sama dengan PT Transjakarta. Jikapun membayar, harganya sangat terjangkau untuk warga Jakarta. Maka dari itu, sebagai masyarakat Jakarta manfaatkan program ini sebaik mungkin. Karena, sangat sayang jika program ini dilewatkan.

Gratis Bagi Pemilik Kartu

Bagi penumpang yang ingin memanfaatkan Jaklingko, ada hal yang harus diingat yakini penumpang harus memiliki kartu Jaklingko agar bisa mendapatkan tarif angkutan terintegrasi tersebut. maka dari itu, pemerintah sangat berharap semakin banyak masyarakat yang menggunakan kartu ini agar kebutuhan origin dan destination bisa terbaca.

Namun, kini semakin hari pengguna Jaklingko semakin meningkat. Hal ini disebabkan karena kesadaran masyarakat akan penting dan mudahnya program Jaklingko ini.

Ada 33 Trayek

Kini, sudah ada 6 operator yang menandatangani MOU untuk menjalin kerja sama dengan PT Transjakarta dal.am program Jaklingko atau integrasi angkutan. Diantara 6 operator tersebut sepeti Budi Luhur, PT Lestarisurya Gemapersada, KWK (Koperasi Wahana Kalpika), Puskop AU Halim Perdana Kusuma, Purimas Jaya, dan PT Kencana Sakti Transport.

Untuk sementara waktu memang hanya ada  6 operator tersebut. Namun, masih ada banyak operator yang akan bergabung dan masih dalam penyelesaian proses administrasi seperti Kopamilet, Komilet, Komika, Kolamas, dan Kojang. Kelebihan menggunakan program Jaklingko ini yaitu  rute yang dilayani sejauh ini ada 33 trayek dan pastinya rute ini akan semakin luas.

Ada Standar Sopir

Syarat supir yang bisa bergabung di Jaklingko yaitu dilarang merokok dan pastinya sudah memiliki SIM atau Surat Izin Mengemudi. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir ketika menaiki angkutan yang sudah bergabung dengan program Jaklingko.

Selain itu, supir angkutan dengan program Jaklingko ini pasti menggunakan seragam kerja. Sehingga bisa terlihat rapi. Bahkan, kondisi kendaraan yang digunakan sangat layak dan pastinya aman. Selain itu, kendaraan yang berupa bis kecil atau angkot ini dijamin bersih. Sehingga akan memberikan kenyamanan bagi penumpangnya.

Demikian itulah ulasan mengenai mengenal Jaklingko Lebih dalam yang perlu untuk Anda ketahui, khususnya masyarakat Jakarta. Jika diambil garis besar, bahwa Jaklingko merupakan sistem kendaraan yang sudah terintegrasi. Dengan adanya program yang memudahkan masyarakat ini, jangan sampai Anda mengabaikannya, namun manfaatkan sebaik mungkin. Semoga artikel ini bermanfaat.

administrator

oellant79@gmail.com

No Comments

Post a Comment

Password reset link will be sent to your email