Background Image

Wedang Nikmat yang Siap Hangatkan Tubuhmu di Musim Hujan

Infojakarta.net – Di pertengahan tahun, sudah ditandai dengan awal masuknya musim penghujan. Di musim hujan, suhu di sekitar pun semakin terasa dingin. Bagi beberapa yang tidak tahan dingin sudah tentu akan sangat mengganggu dan tak jarang akan menyebabkan sakit. Nah, salah satu alternatif peredam hawa dingin adalah dengan meminum wedang. Meminum wedang secara khasiat dapat menghangatkan tubuh.

Wedang si Minuman Hangat Tradisional

Wedang secara umum merupakan suatu minuman yang berbahan dasar dari gula yang diseduh dengan air panas. Umumnya wedang juga berbahan ari rempah seperti kopi, jahe, kunyit, serai dan sebagainnya. Wdang yang merupakan minuman hangat tradisional dari Indonesia ini sangat mudah ditemui dimana pun dan kapan pun. Bahkan, Anda pun dengan mudah dapat membuatnya sendiri di rumah.

Khususnya di Jawa, tempat asalnya, wedang sendiri memiliki arti minuman panas. Wedang khas Jawa pun dikenal sebagai minuman tanpa kandungan kafein di dalamnya. Namun, tetap saja sebagaimana namanya minuman ini sering kali disajikan dan dinikmati seperti kopi maupun teh. Di Jawa khususnya, wedang berbahan dasar jahe segar yang dipadukan dngan gual Jawa ataupun gula batu yang kemudian diseduh dengan air panas.

Ciri khasnya adalah adanya tambahan bahan lain seperti batang serai, laos, kayu manis, pandan, cengkeh dan sebagainya yang memiliki aroma yang kuat. Selain dengan bahan-bahan segar, saat ini membuat wedang pun semakin dipermudah dengan adanya bubuk instan jahe yang dijual secara bebas di pasaran. Tentu ini sangat memudahkan Anda menikmati segelas wedang hangat dimana dan kapan pun dengan langsung seduh.

Macam-macam Wedang

Adapun berikut beberapa macam wedang, minuman hangat tradisonal Indonesia, yang kiranya dapat menjadi salah satu pilihan untuk menghangatkan tubuh di musim hujan:

1. Wedang Ronde

Ronde merupakan jenis wedang khas Solo yang berbahan dasar rebusan air jahe, pandan, batang serai dan gula merah. Ronde khasnya selalu disajikan dengan isian kacang tanah sangrai, potongan roti, kolang-kaling, serta bola ronde yang terbuat dari tepun ketan yang direbus. Rasa jahe yang khas menghangatkan menjadikannya banyak disukai orang.

2. Sekoteng

Tidak jauh-jauh dari Ronde, Sekoteng pun merupakan wedang khas dari daerah Jawa Tengah yang dibuat dari rebusan air jahe dan susu kental manis. Umumnya disajikan dengan campurang kacang tanah, kacang hijau, pacar cina, kolang kaling serta potongan roti. Saat menikmatinya, Anda pun akan merasakan legit yang khas.

3. Wedang Uwuh

Berasal dari Yogyakarta, disebut uwuh  yang berarti daun, wedang ini terbuat dari berbagai macam daun. Wedang ini terbuat dari air rebusan jahe, kayu secang, cengkeh (termasuk bunga, batang, dan daun), kayu manis (sekaligus daunnya), pala (beserta daunnya), akar dan daun serai, serta gula batu atau gula merah.

4. Bajigur

Beranjak ke Jawa Barat, wedang khas nya adalah Bajigur yang terbuat dari rebusan jahe, gula merah, santan, pandan dan sedikit garam sebagai pengimbang. Serupa dengan wedang jenis lainnya, Bajigur pun biasanya disajikan dengan irisan kolang kaling.

5. Bandrek

Selain Bajigur, wedang khas dari Jawa Barat lainnya adalah Bandrek dengan rasa yang lebi pedas karena rebusan air jahe yang lebih kental dan gula merah dengan tambahan rempah-rempah seperti kayu manis, cengkeh, merica dan lain-lain. Yang khas dari Bandrek adalah kerokan daging kelapa setengah tua yang disajikan di dalamnya.

6. Bir Pletok

Wedang yang satu ini asalnya dari Betawi yang merupakan salah satu minuman jahe khas Betawi dengan tambahan rempah-rempah seperti pandan, serai, kapulaga, kayu manis, merica hitam dan kayu secang yang menyumbang warna merah pada minuman ini.

7. Wedang Sarabba

Selain Jawa, daerah Sulawesi tepatnya Makasar juga memimiliki wedang khasnya yaitu Sarabba yang terbuat dari parutan jahe, gula merah, santan, kuning telur dan lada bubuk. Selamat mencoba!

Afriliana Ambarani

amartaciptakanaka@gmail.com

No Comments

Post a Comment

Password reset link will be sent to your email