Background Image

Waspadai Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan Saat Menjalani Diet Keto Ini

Infojakarta.net – Menjaga berat badan tetap ideal menjadi idaman banyak perempuan. Tak heran jika kemudian banyak yang rela untuk menjalani diet guna mempertahankan bentuk tubuh ideal tersebut. Apalagi saat ini ada beragam jenis diet yang dapat dilakukan untuk menjaga tubuh, diet keto salah satunya.

Untuk melakukan diet keto ada beberapa hal yang harus dipahami dengan baik. Ini supaya tidak terjadi kesalahan dalam proses diet. Namun, sayangnya masih beberapa kesalahan umum yang seringkali dilakukan pelaku diet ini. Kesalahan apa saja sebenarnya? Semua akan dibahas lebih lanjut di sini.

Apa Itu Diet Keto?

Sebelum beranjak lebih jauh mengenai beragam kesalahan dalam diet keto sebaiknya kita pahami bersama dulu apa itu diet keto. Jadi sebenarnya diet keto meruapakan diet yang menitik beratkan pada pembatasan pola makan karbohidrat.

Adanya pembatasan karbohidrat tersebut yang kemudian membuat berat badan dapat turun dengan lebih cepat. Bahkan diet ini juga mampu membantu untuk menurunkan gula darah. Hal ini tentu tidak mengherankan, pasalnya diet ini mulanya ditujukkan bagi penderita diabetes.

Pelaku diet ini dapat mengganti karbohidrat yang dikurangi konsumsinya dengan berbagai makanan yang mengandung protein serta lemak. Ada batasan jumlah karbohidrat tertentu yang harus dipatuhi selama diet ini berlangsung.

Kesalahan yang Sering Dilakukan

Jika sudah memahami terkait dengan diet ini, maka selanjutnya akan dibahas mengenai kesalahan-kesalahan yang umum terjadi selama menjalani diet ini. Kesalahan-kesalahan ini baiknya dihindari untuk memperoleh hasil diet yang maksimal.

1. Konsumsi Protein Terlalu Banyak

Salah satu kesalahan yang biasa dilakukan pelaku keto adalah konsumsi protein yang terlalu banyak. Memang pada diet ini pengurangan konsumsi karbohidrat dapat diganti dengan asupan protein serta lemak. Namun, harus dipahami batasan dari asupan protein dan lemak tersebut.

Biasanya orang cenderung memilih untuk memperbanyak asupan protein dan mengabaikan masalah asupan lemak. Padahal sebenarnya asupan protein yang berlebihan justru menghindarkan tubuh dari ketosis yang menjadi tujuan utama dari diet keto itu sendiri.

2. Kurang Konsumsi Lemak Baik

Seperti yang telah sedikit dibahas pada poin sebelumnya bahwa seringkali ada kesalahan persepsi dalam penggantian karbohidrat dengan protein dan lemak ini. Pasalnya penggantian protein dan lemak ini seringkali berat sebelah dalam konsumsinya.

Protein lebih banyak dikonsumsi dan lemak justru diabaikan. Padahal konsumsi lemak baik ini penting untuk menjaga agar tubuh tetap dalam kondisi baik selama proses diet berlagsung.

Ada banyak contoh lemah baik yang dapat dijadikan alternatif konsumsi agar tubuh tetap sehat. seperti yogurt, lemak nabati, ikan tangkapan sampai dengan lemak nabati. Berbagai bahan makanan tersebut dapat menjadi sumber lemak baik yang bagus bagi tubuh.

3. Asupan Air Putih Kurang

Salah satu yang perlu diperhatikan saat diet berlangsung adalah asupan air putih. Selama ini mungkin ada banyak yang menjalani diet keto hanya terfokus pada porsi makanan yang wajib dipenuhi selama diet berlangsung.

Padahal harus diperhatikan jika selain makanan, minuman juga penting untuk diperhatikan. Konsumsi minuman yang cukup utamanya air putih penting dalam membantu menjaga kesehatan tubuh selama diet.

Selain itu adanya air putih yang cukup juga membantu tubuh terhindar dari dehidrasi. Di sisi lain adanya asupan air putih yang pas juga akan membantu untuk menjaga kesehatan kulit.

Selain ketiga hal di atas sebenarnya masih ada beberapa kesalahan lain yang sering terjadi pada pelaku diet keto. Sebaiknya hindari hal-hal tersebut untuk membuat tubuh tetap terjaga kesehatannya dan juga diet dapat memiliki hasil yang maksimal.

Afriliana Ambarani

amartaciptakanaka@gmail.com

No Comments

Post a Comment

Password reset link will be sent to your email