Background Image

Waspada! Ini Bahaya Tidak Menghapus Maskara Saat Tidur

Infojakarta.net – Maskara begitu terkenal di kalangan para wanita. Maskara adalah salah satu makeup yang sering digunakan kaum hawa untuk mempercantik bagian bulu mata. Namun, tahukah kamu maskara berbahaya jika tak dihapus dengan sangat bersih ketika kamu tidur?

Formula maskara akan menempel dan menjadi media yang menampung bakteri dengan efektif. Alhasil, area kulit kelopak mata umumnya mudah gatal serta kering. Tak jarang, seperti muncul jamur keputihan yang membuat kulit kelopak kering, muncul benjolan dan seperti purging.

Kebanyakan dari kita yaitu malas membersihkan maskara setelah melakukan aktivitas, apalagi kalau maskara yang digunakan adalah jenis maskara waterproof yang sulit dibersihkan. Maskara waterproof memang bagus untuk membuat bulu mata lentik tanpa khawatir gampang luntur. Meski begitu, ada efek samping dari pemakaian maskara waterproof terutama bila dipakai setiap hari.

1. Maskara waterproof bisa membuat bulu mata kering

Dilansir dari Self, wax dan silikon membuat maskara waterproof lebih tahan terhadap keringat, air mata, dan air. Jika dibandingkan dengan maskara reguler, maskara waterproof mengandung ingredient tambahan seperti isododecane dan cyclopentasiloxane.

Ingredient yang membuat maskara menjadi waterproof punya efek samping, yakni membuat bulu mata jadi kering dan rentan rontok. Ini sama seperti lipstik yang tahan lama, yang membuat bibir terasa pecah-pecah dan kering.

2. Cara menghapus maskara waterproof tanpa merusak bulu mata

Karena maskara waterproof dirancang dapat bertahan lama, menghapusnya menjadi sulit. Ini bisa merusak bulu mata dibanding maskara biasa. Sebab menghapus makeup waterproof membutuhkan banyak tahap, yang mana akan ada banyak gosokan pada bulu mata.

Maka penting untuk menggunakan makeup remover yang oil-based. Kemudian dilanjutkan dengan face cleanser untuk mengangkat risiko muka berminyak.

3. Hapus maskara waterproof sebelum tidur

Meskipun susah menghapus maskara waterproof, Dr. Engelman menyarankan untuk selalu menghapusnya terutama sebelum tidur.

Tidur dengan maskara masih menempel bisa membuat bulu mata jadi kering dan rontok. Meski tak rontok, bulu mata bisa patah. Sebab bulu mata yang dilapisi maskara jadi kaku sehingga bisa tertekuk dan terbentur saat kita tidur.

Ada eyelash serum untuk merawat bulu mata. Namun menurun Dr. Engelman produk ini tidak efektif. Jadi lebih baik menjaga bulu mata tetap utuh sejak awal.

  • Iritasi

Maskara yang tidak dibersihkan dari mata dan didiamkan semalaman bisa menimbulkan iritasi hingga pembengkakan pada mata. Hal ini disebabkan karena tersumbatnya kulit pada kelopak mata.

  • Bulu Mata Rontok

Tidak maukan bulu mata jadi rontok karena tidak membersihkan maskara? Harus kalian ingat efek malas menghapus maskara bisa membuat bulu mata rontok dan mudah patah.

  • Cepat Tua

Maskara yang tidak dibersihkan akan luntur ke bagian kulit mata kita. Karena maskara memiliki kandungan bahan kimia yang kurang baik untuk kulit. Sehingga apabila didiamkan terlalu lama menempel pada kelopak mata bisa menyebabkan penuaan dini.
Bahayanya lagi kalau formula tersebut masuk ke dalam mata. Ia akan menyebabkan infeksi dan peradangan yang bisa berbahaya bagi mata. Kuncinya ada pada makeup remover

Untuk mencegah bahaya tersebut mengancam Anda, maka ada dua hal yang bisa dilakukan.

Pertama

Pilih produk makeup remover yang memang efektif dan berkualitas, sehingga mampu membersihkan sisa makeup dan maskara dengan maksimal.

Kedua

Pakai kapas untuk membersihkan sisa makeup dengan pulasan perlahan dan lembut namun menjangkau keseluruhan bagian sehingga tidak ada tersisa sisa makeup maupun maskara di mata.

Itulah sejumlah penjelasan tentang bahaya tidak menghapus maskara saat tidur. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Afriliana Ambarani

amartaciptakanaka@gmail.com

No Comments

Post a Comment

Password reset link will be sent to your email