Warga Jakarta Bernostalgia Keliling Kota Dengan Bus Vintage

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI meluncurkan 10 unit bus vintage series di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat.

Direktur PT Transjakarta, Budi Kaliwono mengatakan, beberapa unit bus bergaya vintage ini sudah dioperasikan di Koridor I (Blok M-Kota).

Menurut Budi, warna biru tua yang melapisi bus ini terinspirasi dari bus PPD era 1960-an. Lantai bus juga dilapisi dengan karpet motif kayu untuk menambah nuansa vintage.

Ia menambahkan, dua di antara bus vintage ini juga dilengkapi dengan klakson telolet. Bus tersebut nantinya tidak hanya melayani koridor I, tapi koridor Transjakarta lainnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menjajal bus tersebut. Kehadiran bus ini diharapkan dapat menarik minat warga Ibukota untuk beralih ke transportasi umum.

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) meluncurkan Bus TransJakarta vintage. Saat peluncuran, Ahok sempat berteriak-teriak kepada sang sopir, ‘Om telolet om!’

“Ini enak lho kursinya empuk. Luas juga, aku yang tinggi saja lututnya masih bisa merasakan luas. Apalagi ada teloletnya juga lho ini. Coba, om telolet om!” teriak Ahok

Ahok menyebut ada 10 bus vintage yang diluncurkan, dengan tema tahun 1980 dan 1990-an. Kapasitas bus sebanyak 75 penumpang.

Bus tersebut terdiri dari 100 unit bus single 12 meter, 3 unit bus model lower deck, 1 unit bus medium ukuran 10 meter, 8 unit bus maxi milik operator Mayasari Bhakti, dan 4 unit bus tingkat hibah.

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter
loading…


QWords
CityHype
Gizmo.id
The GeoTimes
Islandnesia