Waktu yang Tepat Untuk Olahraga Saat Puasa

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

kebugaran-tubuh

Puasa sering dijadikan alasan bagi seseorang untuk tidak berolahraga. Olahraga ringan sebenarnya bisa dilakukan saat menjalani ibadah puasa. Bahkan jika rutin melakukan olahraga, tubuh akan semakin bugar dan mengurangi efek lemas. Namun, kapan waktu yang tepat untuk olahraga saat puasa?

Menurut dr Michael, ada 3 waktu terbaik melakukan olahraga saat puasa sesuai dengan tujuannya, antara lain:

Gotomalls inside artikel

Untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh

Untuk tujuan ini, sebaiknya dilakukan pada pagi hari setelah sahur. Sebab saat pagi hari biasanya suhu masih segar, sehingga tidak akan menimbulkan haus berlebihan

Komposisinya adalah latihan kardio 70 persen dan latihan angkat beban 30 persen. Contoh latihan kardio antara lain jogging, jalan cepat, dan bersepeda lebih kurang 30 menit. Sementara latihan angkat beban, misalnya push up dan sit up.

Mempertahankan kekuatan otot

Untuk tujuan ini, sebaiknya dilakukan pada sore hari, yaitu lebih kurang 1,5-2 jam sebelum berbuka puasa. Lakukan olahraga dengan komposisi latihan kardio 50 persen dan latihan angkat beban 50 persen

Contoh latihan kardio misalnya sprint, sedangkan latihan angkat beban dengan menggunakan alat yang biasa ada di gym. setelah latihan ini, anda biasanya akan merasa haus, karena itu dilakukan saat akan berbuka puasa.

Meningkatkan kekuatan dan kemampuan otot

Karena latihan ini cukup berat, disarankan untuk melakukan latihan pada malam hari setelah ibadah shalat tarawih. Lelah dan haus pada waktu ini tidak akan terlalu berpengaruh karena orang tersebut masih bisa langsung minum seperti saat latihan biasa.

Komposisi latihan adalah latihan kardio 30 persen dan latihan angkat beban 70 persen. Jika dirasakan mempengaruhi pola tidur, maka setelah latihan biasakan untuk minum cukup air, glukosa, dan elektrolit. Seluruh elemen ini bisa didapat dari cairan isotonik dan air kelapa murni.

Liputan6

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter
loading…


Rekomendasi Berita :
CityHype
Gizmo.id
The GeoTimes
Islandnesia