Urban Toy Stage Menjadi Awal Yang Baik Bagi Designer Toys Indonesia

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Kolaborasi pertama Catalyst Arts dengan komunitas pencinta art toys asal Bandung, SOTOY (Self Original Toy) dan 41 designer toys lokal dari beberapa kota di Indonesia telah terselenggara dengan sukses selama dua hari pada 4-5 Maret yang lalu di Kuningan City. Acara pertama yang mengangkat art toys lokal buatan para designer toys lokal ini mengundang respon positif dari para partisipan maupun pengunjung yang datang.

Go To Malls

Menurut Paulus Hyu, salah satu peserta pameran di Urban Toy Stage, acara ini merupakan permulaan yang baik bagi para penggiat urban toys lokal. “Kalau menurut saya sih harus ada yang mulai. Dan menurut saya Urban Toy Stage adalah permulaan yang baik,” tuturnya setelah acara berlangsung. Tidak jauh berbeda dengan peserta lainnya, Bowo Baghaskara dari Kungpow Studio mengganggap acara ini like a dream come true bagi yang merintis karier di dunia art toys lokal. “Kesan pertama adalah luar biasa. setelah sekian lama saya merintis karier di bidang art toys, akhirnya bisa berkumpul dengan para designer toys (lokal) dan kami rasa Urban Toy Stage memiliki potensi besar untuk menjadi event besar yang mengumpulkan designer toys Indonesia sekaligus menjadi pasarnya designer toys Indonesia,” ungkap Bowo.

Bagi para pengunjung, acara ini telah memberi edukasi baru, karena mereka baru mengetahui kalau di Indonesia juga ada designer toys yang melahirkan karakter-karakter toys orisinil hasil dari kreativitas para seniman lokal melalui acara ini. “Awalnya masuk saya kira di dalam yang dipamerkan itu toys dari tokoh-tokoh seperti Batman, Star Wars, dan lainnya, ternyata karakter-karakternya asli dari Indonesia. Baru tahu juga ternyata di Indonesia ada seniman toys yang keren-keren,” ujar Stefanus, salah satu pengunjun Urban Toy Stage

Memang toys atau mainan lebih identik dengan anak-anak, namun nyatanya art toys sendiri segmentasinya lebih kepada remaja hingga dewasa yang memiliki minat dalam mengoleksi art toys. Hal ini dikarenakan beberapa karya art toys mengandung unsur yang ditujukan untuk pasar dewasa. Maka dari itu, pengunjung Urban Toy Stage 4-5 Maret lalu yang berusia anak harus dalam pengawasan orangtuanya atau orang dewasa. Antusiasme pengunjung dalam berpartisipasi mengikuti doorprize berhadiah toys orisinil juga cukup tinggi, terutama anak-anak yang ikut memberi voting pada karya peserta Toy Custom Challenge yang dipamerkan pada saat acara.

Secara keseluruhan acara Urban Toy Stage terselenggara sesuai dengan ekspektasi pihak penyelenggara. Besar harapan dari para seniman art toys yang terlibat untuk diadakannya kembali acara ini secara rutin. Art toys ini akan kembali dihadirkan dengan mengusung konsep yang berbeda di acara terdekat Catalyst Arts, yaitu Catalyst Art Market Volume 7 pada 28-30 April 2017 di Kuningan City, dan masih akan melibatkan banyak seniman art toys lokal yang sudah terlibat maupun belum di Urban Toy Stage untuk meningkatkan awareness publik terhadap eksistensi para penggiat art toys lokal di Indonesia.

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter
loading…


QWords
CityHype
Gizmo.id
The GeoTimes
Islandnesia