Urban Toy kembali di gelar 4-5 Maret 2017

Urban Toy kembali di gelar 4-5 Maret 2017

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Pada tanggal 4-5 Maret 2017, Catalyst Arts untuk pertama kalinya akan berkolaborasi dengan SOTOY (Self Original TOY). SOTOY merupakan kumpulan anak-anak muda Bandung dengan berbagai profesi berbeda yang berkarya melalui karya 3D dalam bentuk mainan. Kelompok pecinta urban toys sekaligus designer toys yang terbentuk sejak 2014 ini terdiri dari delapan orang visual artists, yaitu Addy Debil, Semproel, Iky, Er.Misa, Buddy Bat, Ops., Igi Anjangbiani dan Riandi Sumadinata.

Kolaborasi Catalyst Arts dan SOTOY ini akan diadakan di Kuningan City, Jakarta Selatan. Menurut Patricia Wulandari, selaku Founder Catalyst Arts dan Koordinator, kolaborasi dengan visual artists yang spesifiknya adalah toy designer seperti SOTOY akan membawakan konsep yang lebih segar. “Pada umumnya art toy fair di Jakarta menampilkan action figure dan toy dengan karakter/tokoh populer di ranah global, seperti Marvel atau Star Wars. Kali ini URBAN TOY STAGE akan menampilkan karakter toy lokal dari toy designer lokal,” kata Patricia. Meskipun belum banyak diketahui publik, sebenarnya tidak sedikit toy designer lokal yang namanya sudah dikenal dan pernah menyelenggarakan pameran di luar negeri, salah satunya adalah Paulus Hyu yang akan ikut menjadi peserta pameran di Urban Toy Stage ini. Paulus Hyu pernah melakukan pameran di Toy Art Gallery, Amerika Serikat, ia juga adalah seorang fotografer di Axioo.

Secara keseluruhan, Urban Toy Stage 2017 akan menghadirkan 41 visual artists dari berbagai kota seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Pekanbaru, Banjarmasin, dan Surabaya. Masing-masing visual artists ini akan membawa karakter toy yang menjadi ciri khas mereka maupun yang mereka custom dari karakter toy designer lain. Ada pula kolaborasi antara Addy Debil, seorang ilustrator yang juga penggiat urban toys dan merupakan salah satu anggota SOTOY, dengan sembilan ilustrator, yaitu Arief Witjaksana, Crack, Elmondo, F21ST, Hey Teman Baik, Isapanicmonsta, Mediocrux, Muchlis Fachri, dan Reza Dwi Setiawan. Kesembilan ilustrator ini akan menuangkan ilustrasi mereka ke karakter urban toy buatan Addy Debil bernama “The Lucky Felix” yang akan diluncurkan saat Urban Toy Stage.

Selain pameran dari karya-karya visual artists, juga akan ada toy makers market yang dimana para urban toys designer yang terlibat bisa berinteraksi langsung dengan calon pembeli karyanya, dan berbagai workshop kreatif seputar dunia urban toys, seperti Mini Skull Jewelry, Character Modelling, How to Perfectly Apply Decal to Your Toys, dan DIY Toys using Kitchen Ingredients. Pengunjung pun dapat merasakan langsung pengalaman seru dalam membuat karakter toy sendiri dengan mencoba berbagai medium yang biasa digunakan oleh para toy designers.

URBAN TOY STAGE juga membuka Toy Custom Challenge lewat Instagram yang dimana siapa saja bisa menggambar interpretasi mereka akan karakter dari SOTOY dengan menggunakan perangkat digital yang batas pengumpulan karyanya berakhir pada tanggal 15 Februari 2017. Gambar yang terpilih akan dipamerkan saat acara URBAN TOY STAGE berlangsung dan gambar terfavorit akan mendapatkan hadiah menarik.

Catalyst Arts berharap seluruh rangkaian kegiatan di dalam URBAN TOY STAGE dapat memperkenalkan karya-karya para toy designer lokal ke ranah publik yang lebih luas, agar semakin banyak orang yang mengetahui para penggiat kreatif lokal beserta kualitasnya yang tidak kalah dengan seniman visual dari luar negeri. Acara URBAN TOY STAGE terbuka untuk umum dari hari Sabtu hingga Minggu, 4-5 Maret 2017, pukul 13.00-21.00 WIB di lantai GF Kuningan City, Jakarta Selatan dan tidak memungut biaya masuk. Pemilihan lokasi acara berdasarkan dari suportivitas Kuningan City dalam memberikan dukungan untuk kegiatan komunitas-komunitas lokal.

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter
loading…


QWords
CityHype
Gizmo.id
The GeoTimes
Islandnesia