Tips Untuk Mengatasi Kedinginan Di Musim Hujan

Tips Untuk Mengatasi Kedinginan Di Musim Hujan

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Infojakarta.net – Apa Anda pernah melihat film yang tokohnya berusaha bertahan di hidup di cuaca yang sangat dingin. Ya, meski terlihat sepele cuaca dingin juga bisa membahayakan kesehatan, bahkan menyebabkan kematian. Terutama ketika Anda berada pada tempat yang basah dan dingin.

Di Indonesia dikenal dengan dua musim, yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Saat musim hujan tiba, curah hujan yang turun melebihi dari yang biasanya. Dengan curah hujan yang lebih banyak di setiap harinya, membuat keadaan udara terasa lebih dingin dibanding saat musim panas. Terlebih saat malam hari tiba, udara jauh lebih dingin lagi. Hal inilah yang membuat banyak orang mengalami kedinginan.

Kedinginan dan menggigil adalah hal biasa yang semua orang pasti pernah mengalaminya. Namun, ada juga sebagian orang yang lebih rentan kedinginan dibanding yang lainnya. Misalnya mereka yang menderita penyakit yang tidak bisa terkena dingin seperti penyakit long. Atau ada juga mereka yang (maaf) berbadan kurus yang tentu lebih mudah kedinginan dibanding mereka yang mempunyai banyak lemak.

Meski begitu, tubuh memiliki cara sendiri untuk bereaksi dan menyesuaikan diri dengan hawa dingin. Seperti halnya ketika menghadapi cuaca panas, tubuh juga memiliki cara-cara alami untuk mengatasi hawa dingin yang menerpanya. Selain itu, juga ada tips untuk mengatasi kedinginan:

1. Minum Wedang Jahe Hangat Manis
Ini adalah cara paling nikmat dan yang ahrus dilakukan pertama kali diantara cara lainnya. Selain rasanya yang enak, wedang jahe terbukti dapat menghangatkan tubuh. Cara membuatnya pun mudah, kupas dan cuci jahe, potong-potong atau ditumbuk, kemudian direbus dengan air hingga mendidih. Setelah itu saring air rebusan tadi, berikan gula secukupnya, kemudian siap diminum.

2. Menggosok-gosok kedua telapak tangan
Dengan menggosok kedua telapak tangan akan memberikan sedikit kehangatan pada telapak tangan Anda. Teknik ini hampir sama dengan yang dilakukan manusia purba, yaitu menggosok-gosok dua buah katu hingga panas dan menjadi api.

3. Memakai Balsem
Balsem merupakan krim yang menimbulkan sensasi panas saat dipakai. Untuk itu, saat kedinginan segeralah oleskan oleskan balsem pada bagian tenggorokan, leher belakang, dada, dan mintalah bantuan seseorang untuk mengoleskannya dibagian punggung. Dengan disertai pijitan di pundak dan punggung, akan lebih efektif untuk segera menghangatkan tubuh.

4. Memakai Jaket Dan Berselimut
Segera memakai jaket tebal dan berselimut merupakan upaya untuk melindungi tubuh dari hawa dingin yang datang dari luar. Ini adalah cara mengatasi kedingan yang paling banyak dilakukan banyak orang.

5. Minum Air Hangat
Dengan minum air hangat akan membuat perut menjadi hangat, dan tentunya membangun kehangatan dari dalam.

Sekian tips untuk mengatasi kedinginan, semoga sangat berguna bagi Jakartans di musim penghujan seperti ini.

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter
loading…


QWords
CityHype
Gizmo.id
The GeoTimes
Islandnesia