Tips Menikmati Ibukota Bagi Anda Yang Baru Pertama Kali ke Jakarta

Tips Menikmati Ibukota Bagi Anda Yang Baru Pertama Kali ke Jakarta

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Jakarta kini semakin diminati sebagai salah satu tujuan wisata utama, tidak hanya bagi wisatawan domestik dan Asia namun juga bagi wisatawan mancanegara. Sebagai kota yang memiliki status setingkat provinsi, Jakarta juga merupakan kota metropolitan terbesar di kawasan Asia Tenggara. Tujuan orang datang pun beragam, ada yang karena keperluan pekerjaan, pendidikan, atau hanya sekedar berwisata menikmati pemandangan ibukota.

Bagi Anda yang baru pertama kali datang ke Jakarta, berikut beberapa tips agar Anda dapat menikmati kunjungan Anda  di ibukota tercinta ini :

1. Hindari Kemacetan

Jakarta memang terkenal dengan kemacetannya. Daripada kehabisan waktu di jalan ada baiknya Anda menghindari jam-jam sibuk seperti jam 7 a.m – 9 a.m (jam berangkat kantor) dan jam 4 p.m – 8 p.m (jam pulang kantor). Selain jam tersebut kemacetan sudah agak berkurang hingga Anda bisa meminimalisir waktu tempuh ke tempat tujuan Anda.

2. Gunakan Kendaraan Alternatif

Jakarta memiliki banyak kendaraan alternatif sebagai sarana transportasi. Commurterline atau KRL bisa jadi sarana yang cepat dan murah bagi Anda yang ingin bepergian di daerah Jabodetabek, TransJakarta bagi Anda yang ingin berkeliling kota atau Anda bisa menggunakan sarana transportasi online yang sedang marak. Berbagai sarana transportasi ini menjadi pilihan yang tepat untuk menghemat waktu dan biaya dibandingkan Anda menyewa mobil pribadi untuk berkeliling ibukota.

Gotomalls inside artikel

3. Kunjungi Pusat Belanja

Jakarta adalah surganya para penggemar wisata belanja. Banyaknya mall dan pusat belanja yang tersebar di wilayah ibukota memudahkan Anda untuk menyalurkan hobi belanja. Dari pasar tradisional yang menawarkan berbagai produk dengan harga murah, mall dan pusat belanja megah dengan berbagai produk dalam dan luar negeri, hingga pasar bersejarah yang didirikan sejak jaman pemerintahan Belanda di Indonesia.

Baca Juga : Pusat Belanja dan Mall di Jakarta Barat

4. Kunjungi Tempat Bersejarah

Jakarta sebagai salah satu kota tertua di Indonesia tentunya menyimpan berbagai warisan budaya yang sayang untuk dilewatkan. Warisan budaya inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke ibukota. Dengan mengunjungi bangunan bersejarah, selain menambah wawasan, bangunan bersejarah juga menyimpan banyak cerita unik, mengh ibur dan tentunya bisa menjadi ajang berfoto bersama teman untuk dibagikan di media sosial.

Baca Juga : Wisata Museum di Jakarta

5. Berolahraga Sambil Berwisata

Jakarta kini memiliki banyak Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan Ruang Publik Terpadi Ramah Anak (RPTRA). Untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit, luangkan waktu untuk menikmati taman sambil berolahraga. Ruang publik ini banyak dimanfaatkan oleh warga Jakarta pada waktu sore hari. Tidak ada salahnya Anda juga turut memanfaatkan sarana yang tersedia disana, siapa tahu bisa berkenalan dan menambah teman.

Baca Juga : Taman di Kota Jakarta

6. Wisata Malam

Suasana malam hari juga menjadi daya tarik tersendiri di Jakarta. Deretan gedung bertingkat di tengah perkotaan dengan lampunya yang berwarna-warni kerap menjadi sasaran bagi para pecinta fotografi untuk mengabadikan moment terbaik di Ibukota. Cobalah untuk berkeliling Jakarta di malam hari bersama teman. Aktivitas lalu lintas yang sudah tidak terlalu padat dengan paduan cahaya yang indah bisa menjadi alternatif pilihan yang menyenangkan. Bundaran HI, Taman Monas atau pelataran Museum Fatahillah bisa menjadi tujuan wisata malam yang sayang untuk dilewatkan.

7. Pusat Kuliner

Jika bosan dan lelah dengan kesemrawutan dan kebisingan ibukota, berkunjunglah ke pusat kuliner, tempat berbagai makanan khas nusantara di jajakan. Jakarta sebagai kota yang `lengkap`, tentu menyediakan berbagai kuliner, yang tidak hanya dari Jakarta tetapi juga jajanan khas dari berbagai daerah di nusantara. Apalagi di Jakarta kerap digelar berbagai festival kuliner, mulai dari festival foodtruck hingga festival jajanan tradisional.

8. Gedung Pertunjukan

Di Jakarta banyak terdapat gedung pertunjukkan yang rasanya sayang untuk dilewatkan bagi Anda yang berkunjung ke ibukota. Tiap akhir pekan selalu digelar berbagai pementasan seni, seperti konser musik jazz, film, pentas teater, hingga pentas tari kolosal.

9. Tamasya ke Pulau Seribu

Cobalah berkunjung ke pulau seribu, tempat gugusan pulau dengan air lautnya yang jernih dan pasir pantainya yang putih. Berbagai aktivitas wisata bahari bisa dilakukan di sini, mulai dari memancing, senorkeling, diving, hingga menikmati sajian dengan menu khas pesisir. Lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota, menjadikan gugusan kepulauan seribu kerap dikunjungi warga Jakarta untuk sekadar “menghindar” dari hiruk pikuk kebisingan kota.

Baca Juga : Wisata Kepulauan Seribu

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter
loading…


Rekomendasi Berita :
    CityHype
    Gizmo.id
    The GeoTimes
    Islandnesia