Tips Mengatasi Kaki Pegal

Tips Mengatasi Kaki Pegal

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Kaki Pegal atau sakit paling umum, disebabkan oleh sirkulasi darah yang tidak lancar di bagian arteri kaki  Penyebab lainnya karena otot kaki tegang dan otot betis meregang secara berlebihan. Berdiri terlalu lama membuat tekanan tertumpu pada otot-otot di belakang kaki, apalagi ketika menggunakan sepatu hak tinggi.

Untuk meredakan rasa pegal, Anda dapat melakukan upaya-upaya berikut di rumah:

Go To Malls

1. Anda dapat memulainya dengan memijit-mijit betis untuk membantu melancarkan kembali peredaran darah. Gunakan body lotion, body oil, atau salep untuk pegal agar lebih mudah dipijat.

2. Ambil seember air hangat, pastikan air tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Tambahkan satu sendok garam ke dalam air. Rendam kaki Anda selama 15-20 menit. Sekarang beberapa bran kecantikan juga mengeluarkan produk garam untuk relaksasi kaki.

3. Jika rasa sakit yang Anda rasakan sangat perih seperti kram, lakukan gerakan seperti menggali dengan jari Anda pada bagian yang sakit, tahan selama 15-20 detik. Setelah mereda, regangkan otot-otot kaki Anda secara perlahan.

4. Tempelkan es yang telah dibungkus dalam plastik pada sendi. Tahan kompresan es mengelilingi lutut 10-15 menit. Pastikan kaki Anda diposisikan di tempat yang lebih tinggi.

5. Ada beberapa campuran minuman yang dapat membantu meredakan rasa sakit dan pegal yang Anda rasakan. Cobalah campuran madu dan jus lemon dalam secangkir air hangat. Atau jika Anda mau, coba campuran satu sendok makan minyak ikan dengan segelas jus jeruk sebelum tidur.

6. Tidurlah dengan kaki diposisikan lebih tinggi. Gunakan bantal untuk menopang kaki Anda. Darah akan mengalir dan tidak menumpuk di bagian kaki.

Penting bagi Anda untuk mendapatkan istirahat yang cukup agar kaki Anda juga tidak kelelahan. Hindari menggunakan sepatu hak tinggi saat Anda merasa pegal. Kalaupun harus menggunakan sepatu hak tinggi, gunakan sepatu dengan hak yang rendah. Ada baiknya sebelum beraktivitas sehari-hari Anda melakukan peregangan dulu agar otot-otot tubuh Anda tidak “kaget”.

Sumber: http://ibudanmama.com/kesehatan/kesehatan-wanita/tips-mengatasi-kaki-pegal/

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter
loading…


QWords
CityHype
Gizmo.id
The GeoTimes
Islandnesia