Tips Menentukan Pilihan Dalam Pilkada DKI 2017

Tips Menentukan Pilihan Dalam Pilkada DKI 2017

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Pemilihan umum Gubernur atau Pilkada DKI Jakarta 2017 akan dilaksanakan pada 15 Februari 2017 untuk menentukan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2017–2022. Ini merupakan pemilihan kepala daerah ketiga bagi Jakarta yang dilakukan secara langsung menggunakan sistem pencoblosan. Jadwal pemilihan periode ini dimajukan dari jadwal pemilihan periode sebelumnya, yaitu 11 Juli karena mengikuti jadwal Pilkada Serentak gelombang kedua pada 2017.

Jakartans, dengan ikut berpartisipasi secara aktif dalam bidang politik seperti Pilkada DKI berarti kita punya andil dalam menciptakan perubahan. Tidak bisa dipungkiri, ada saja warga DKI khususnya anak muda yang ikut pemilu cuma buat sekedar pamer jari ungu trus di post ke media sosial guna mendapatkan diskon dari berbagai tempat belanja yang memberikan penawaran menarik bagi Jakartans yang ikutan nyoblos.

Baca Juga : Daftar Diskon Pilkada 2017

Go To Malls

Tapi sekarang ini, rasanya akan lebih banyak Jakartans yang ikut pemilihan umum dengan keinginan ikut mengubah Indonesia khususnya Jakarta jadi lebih baik. Itulah kenapa makin banyak anak muda ikut kampanye politik untuk mendukung pasangan calon (paslon) yang benar-benar mereka percaya. Jenis kampanye pun kini semakin kreatif. Politik bisa jadi lagu, puisi bahkan pidato lucu dan menginspirasi yang diunggah ke Youtube dan media sosial lainnya.

Buat Jakartans yang baru pertama kali ikut pemilu, suara kalian cukup penting loh! Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU), jumlah pemilih first voter alias pemula mencapai 1.229.097 jiwa atau 3% dari keseluruhan jumlah pemilih tetap di Pilkada DKI 2017 sebanyak 41.027.111 jiwa. Sayangkan kalau jumlah suara sebanyak itu terbuang percuma dengan golput karena bingung mau menentukan paslon yang akan dipilih.

Bagaimana memilih paslon yang benar sesuai hati nurani?

1. Lakukan Riset.

Kenali pasangan calon dengan baik, gak ada salahnya Jakartans untuk melakukan riset guna mengenal pasangan calon gubernur DKI Jakarta yang akan dipilih. Kenali mereka lebih jauh secara karakter maupun program dan tentukan salah satu pasangan calon yang paling baik dan pantas memimpin Jakarta menurut kalian.

2. Menyaring Dan Menyerap Informasi.

Mudahnya mengakses internet membuat kita kebanjiran informasi tentang Pilkada DKI. Semua orang ingin menyampaikan pendapat, merasa paslon pilihannya yang paling benar dan berusaha memberi kesan negatif terhadap paslon lainnya termasuk maraknya berita tidak benar atau hoax yang kini banyak beredar di media sosial. Tetaplah bijaksana dalam menyerap informasi dan menyebarkan berita yang ada, cek lagi kebenaran berita tersebut agar tidak menyesal di kemudian hari.

3. Belajar Berdemokrasi.

Setiap orang pasti punya paslon yang berbeda-beda sesuai pendapat dan hasil riset mereka masing-masing. Dengarkan hati nurani Anda, tetapkan pasangan calon yang sesuai menurut Anda tanpa ada paksaan maupun intimidasi dari pihak manapun karena pemilu adalah murni hak Anda. Tidak masalah jika orang tua, saudara atau teman Anda punya pilihan berbeda, hargailah pendapat mereka karena itulah intinya demokrasi di Indonesia

Selamat berpesta demokrasi!

Tahapan Utama Pilkada DKI Jakarta 2017

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter
loading…


QWords
CityHype
Gizmo.id
The GeoTimes
Islandnesia