Background Image

Terapkan ERP, Pemprov Akan Tambah 50 Bus Tingkat Gratis

Bus tingkat wisata Jakarta. Foto: Suara.com

Bus tingkat wisata Jakarta. Foto: Suara.com

Salah satu dampak dari pemberlakuan sistem electronic road pricing (ERP) alias jalan berbayar adalah dilarangnya sepeda motor untuk melintas di ruas jalan yang termasuk dalam rute ERP. Saat ini sistem jalan berbayar ini sudah memasuki tahap uji coba di ruas Jalan Sudirman mulai hari Selasa, 15 Juli 2014. Rencananya sistem ini akan berlaku secara permanen mulai Januari 2015 mendatang.

Untuk mengantisipasi dilarangnya sepeda motor untuk melintas di rute ERP, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengajukan pengadaan 50 unit bus tingkat gratis. Nantinya bus tingkat gratis ini akan digunakan sebagai angkutan untuk melayani pengendara sepeda motor yang biasanya melintas di wilayah rute ERP.

Pengadaan bus tingkat gratis ini akan diupayakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta melalui program corporate social responsibility (CSR). Langkah ini diambil karena pada tahun ini Pemprov DKI memutuskan tidak akan ada pembelian bus baru. Saat ini sudah ada lima bus tingkat gratis yang dioperasikan oleh Pemprov DKI Jakarta. Diharapkan dengan adanya penambahan 50 unit bus baru, jarak kedatangan antar bus atau headway akan menjadi 10 menit.

Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Basuki T. Purnama menjelaskan pelaksanaan sistem ERP di Jakarta bukan untuk menambah pendapatan asli daerah (PAD) DKI. Sistem ERP ini diharapkan bisa menjadi salah satu upaya untuk meminimalisir kemacetan lalu lintas di ibu kota yang semakin parah dengan mengatur volume kendaraan yang melintas di jalur-jalur utama. Selain itu ERP juga diharapkan bisa memaksa para pengguna kendaraan pribadi untuk beralih ke angkutan umum.

Berita Jakarta

administrator

oellant79@gmail.com

No Comments

Post a Comment

Password reset link will be sent to your email