Background Image

Telegram VS Whatsapp, Mana yang Lebih Unggul?

Infojakarta.net – Seiring dengan perkembangan teknologi memudahkan manusia untuk berkomunikasi, salah satunya yaitu menggunakan aplikasi messenger atau chatting. Beragam aplikasi messenger bermunculan yang memiliki keunggulan masing-masing. Dengan fitur yang berbeda mampu menarik pengguna.

Salah satunya yaitu whatsApp yang diciptakan oleh Brian Action dan Jan Koum dan diluncurkan pada 24 Februari 2009. Ada pula Telegram yang diprakarsai oleh Nikolai dan Pavel Durov dan diluncurkan pada 14 Agustus 2013 khusus untuk perangkat iOS dan untuk OS Android pada 20 Oktober 2013. WhatsApp dan Telegram memiliki keunggulan dan fitur-fitur yang berbeda.

Keunggulan Fitur WhatsApp

1. Format Text Chatting

Fitur ini menjadikan text yang kamu kirim dalam format Bold, Italic, dan Strikethrough. Jadi membuat pesanmu tidak monoton. Kamu bisa menambahkan karakter (*) untuk format Bold, karakter (_) untuk format Italic, dan karakter (~) untuk strikethrough. Karakter tersebut digunakan pada awal dan akhir kalimat, mudah bukan?!

2. Group Video Calling

Group video calling merupakan salah satu fitur WhatsApp yang baru dirilis yaitu pada bulan Mei 2018 lalu sehingga pengguna WhatsApp bisa melakukan video call bersama dengan maksimal empat orang. Fitur ini memudahkan kamu untuk terhubung dengan beberapa teman maupun rekan bisnis secara bersama.

3. Status and Stories

Fitur ini seperti Snapchat yaitu kamu dapat mengunggah text, foto, video, dan GIF ke WhatsApp setories dan akan menghilang setelah 24 jam secara otomatis. Selain itu, kamu juga dapat melihat status atau stories yang diunggah orang lain yang tersimpan di daftar kontak nomor WhatsApp-mu.

Kelebihan Telegram

Seperti halnya WhatsApp, Telegram juga mempunyai keunggulan fitur yang menjadikan aplikasi chatting ini menarik pengguna dan berbeda dengan yang lain. Berikut fitur-fitur unggulan Telegram:

1. Edit Message

Fitur edit message ini memudahkan kamu untuk mengedit pesan jika tulisanmu salah dan sudah terlanjur terkirim. Waktu maksimal pesan yang dapat diedit adalah dua hari, jadi kamu bisa melakukan edit pesan yang terkirim tidak lebih dari dua hari. Cara melakukan edit yaitu klik dan tahan kolom pesan lalu pilih “edit” dan kamu bisa mengeditnya.

2. Lock Your Chat and Hide Last Seen

Telegram memiliki fitur mengunci chatting di dalam aplikasinya, sehingga kamu tidak perlu khawatir chat yang kamu kirim dapat dibuka dengan mudah oleh orang lain. Tidak semua orang dapat melihat chatmu, berbeda dengan WhatsApp yang belum memiliki fitur yang serupa dengan Telegram dan membutuhkan pihak ketiga untuk lock chat.

3. Send Large File

Dengan menggunakan Telegram, kamu dapat mengirim file dengan ukuran maksimal 1,5 GB. Hal ini berbeda dengan aplikasi WhatsApp yang mampu mengirim file maksimal sebesar 16 MB. Dengan Telegram kamu dapat mengirim file berupa foto dan video, maupun file lain dengan format Doc, PDF, PPT, XLS, dan ZIP.

4. Secret Chat

Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengirim pesan secara rahasia, dengan keamanan end-to-end encryption pesan yang kamu kirim hanya bisa dibaca oleh penerima yang kamu tuju saja. Fitur ini juga dilengkapi self distruction yang berfungsi untuk menghancurkan pesan yang dibaca penerima dalam waktu tertentu.

Sekarang kamu sudah tahu setiap fitur unggulan dari dua aplikasi chatting ini, kamu dapat menggunakan aplikasi chat apapun sesuai dengan kebutuhanmu. Kamu juga bisa mencoba perbedaan dua aplikasi ini dengan menggunakan langsung atau install di gadgetmu.

Afriliana Ambarani

amartaciptakanaka@gmail.com

No Comments

Post a Comment

Password reset link will be sent to your email