Background Image

Tak Perlu Obat Tidur, Ini Cara Mudah Atasi Insomnia

Infojakarta.net – Stres, kecemasan akan suatu hal bahkan kebiasaan tidur yang buruk dapat menjadi pemicu gejala susah tidur atau biasa disebut dengan insomnia. Jika kita mengalami insomnia, maka fungsi tubuh akan menurun sehingga daya tahan tubuh serta konsentrasi pun akan semakin melemah. Tak jarang orang yang menggunakan cara instan untuk mengatasi gejala susah tidur ini yaitu dengan cara mengkonsumsi obat tidur.

Pada dasarnya, dengan mengkonsumsi obat tidur, kita dapat langsung tidur dengan mudah namun, bagaimana jika gejala insomnia tersebut terjadi hampir setiap hari? Haruskah kita mengkonsumsi obat tidur terus-menerus setiap hari? Haruskah kita terus-terusan bergantung pada obat-obatan kimia sementara obat tidur sendiri tergolong obat keras yang tentunya akan berpengaruh pada kesehatan kita nantinya?

Buat Anda yang mengalami insomnia, jangan tergesa-gesa meminum obat tidur. Berikut disajikan beberapa cara mudah mengatasi insomnia tanpa obat tidur yang dapat Anda lakukan:

1. Coba Teknik Relaksasi

Kunci utama agar kita dapat tidur nyenyak adalah tubuh yang rileks. Gunakanlah waktu sekitar 20-30 menit sebelum tidur untuk bersantai. Kita dapat melakukan latihan meditasi, mindfulness, latihan pernafasan dan relaksasi otot untuk membantu tidur nyenyak sehingga tidak akan mengalami insomnia.

2. Makan Malam Lebih Awal

Kualitas tidur juga dapat dipengaruhi oleh koma makanan. Koma makanan adalah suatu keadaan lelah atau lesu yang terjadi setelah kita mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang besar dan kondisi ini dapat bertahan hingga beberapa jam. Koma makanan terkadang membuat kita bangun pada tengah malam dan kesulitan untuk tidur lagi.

Sebaiknya kita makan malam sekitar 3 sampai 4 jam sebelum tidur. Perut yang berisi banyak makanan saat tidur terutama makanan yang mengandung banyak lemak, bisa mengakibatkan kenaikan asam lambung atau refluks yang dapat mengganggu tidur.

3. Minum Jus Ceri Tart

Menurut hasil riset tahun 2018, peningkatan waktu tidur sebanyak 84 menit dapat kita peroleh dengan cara meminum secangkir jus ceri tart dua kali sehari yang dilakukan selama dua minggu. Anda juga dapat mengkonsumsi segelas susu hangat satu jam sebelum tidur untuk mendatangkan rasa kantuk.

4. Singkirkan Televisi dari Kamar

Untuk Anda yang ingin mengatasi insomnia, jauhkan televisi dari kamar tidur Anda karena cahaya dan bunyi yang dipancarkan oleh televisi bersifat merangsang otak sehingga dapat memperparah kondisi insomnia Anda.

5. Membaca Buku

Jika Anda terbangun dari tidur malam dan kesulitan untuk memejamkan mata Anda kembali, maka cobalah untuk membaca buku. Dengan membaca buku, lama-kelamaan Anda akan mulai mengantuk dan tidur kembali. Namun, jika Anda telah membaca buku hampir 20 sampai 30 menit namun belum mengantuk juga, maka ada baiknya jika Anda bangkit dari tempat tidur dan berpindah ke tempat lain, lalu bersantailah.

Anda juga dapat mendengarkan musik agar rileks namun hindarilah menggunakan gadget karena cahaya birunya dapat mengganggu produksi hormon melatonin.

6. Konsumsi Kiwi Kaya Melatonin

Buah kiwi merupakan salah satu buah yang banyak mengandung melatonin yang dapat membantu kita tertidur nyenyak. Menurut hasil penelitian, kualitas, kuantitas dan efisiensi tidur dapat ditingkatkan dengan cara mengkonsumsi dua buah kiwi secara teratur satu jam sebelum tidur dan dilakukan selama empat minggu.

7. Tempat Tidur Hanya untuk Tidur dan Seks

Tanamkan pada otak kita jika tempat tidur adalah tempat untuk berhubungan seks dan tidur. Jika kita melakukan banyak hal yang berbeda di tempat tidur, otak akan kesulitan mencari tahu apa sebenarnya yang hendak kita lakukan di tempat tidur sehingga kita pun akan merasa kesulitan untuk tidur.

Itulah beberapa cara mudah mengatasi insomnia tanpa obat tidur. Semoga bermanfaat.

Afriliana Ambarani

amartaciptakanaka@gmail.com

No Comments

Post a Comment

Password reset link will be sent to your email