SHIFT Dukung Keberlanjutan Bisnis dan Daya Saing Industri Indonesia

(kiri-kanan) Dra. Hendra Yetty, MSi., Kabid. Litbang Teknologi Industri, Puslitbang Teknologi Industri dan Kekayaan Intelektual; Dr. Dion Dewa Barata, SE., MSM, Dekan Fakultas Humaniora & Bisnis, Universitas Pembangunan Jaya (UPJ); Ferdinan Hasiholan, Chairman SHIFT Indonesia

 

InfoJakarta.net – SHIFT Indonesia akan kembali menggelar Indonesia Operational Excellence Conference and Award 2018 atau OPEXCON 2018 pada 7 November 2018 di The Ritz Carlton, Jakarta. OPEXCON adalah  acara tahunan yang diselenggarakan oleh SHIFT Indonesia sebagai platform untuk mempertemukan para pelaku bisnis dari lintas sektor untuk berbagi pengetahuan bisnis terkait budaya operational excellence. Pada tahun ketujuh penyelenggaraan, OPEXCON akan mengangkat tema “Agility, Customer Centricity and Operational Transformation in VUCA World”. Topik ini dipilih untuk membantu industri di Indonesia lebih siap dalam menghadapi era VUCA (Volatile, Uncertainty, Complexity, Ambiguity) yang penuh dengan gejolak dan ketidakpastian.

Perkembangan Teknologi Digital

Seperti kita ketahui perkembangan teknologi dan maraknya digitalisasi berhasil membawa perubahan besar dalam dunia industri. Misalnya, hadirnya bisnis platform berbasis teknologi. Mereka mengoperasikan bisnis menggunakan data dan teknologi tanpa harus memiliki aset tangible yang besar. Mereka berhasil menghadirkan model bisnis baru yang memiliki kecepatan dan kelincahan inovasi di dalamnya. Hal ini mendorong para pelaku bisnis untuk beradaptasi dan memiliki pola pikir baru.

Menjawab tantangan tersebut, OPEXCON akan menghadirkan profesional dari lintas sektor untuk berbagi pengetahuan dan best practice yang telah sukses dijalankan. Sehingga, OPEXCON mampu menjadi forum yang memberikan peluang besar bagi para pelaku usaha untuk mendapatkan ide baru untuk bisnis mereka. Diharapkan selanjutnya dapat saling bertukar pikiran untuk menghadapi tantangan di era VUCA, dan sebagai sarana untuk mengembangkan jaringan bisnis yang strategis karena acara ini selalu menghadirkan 1000 peserta potensial dari berbagai industri.

“OPEXCON 2018 akan menghadirkan para business leaders di Indonesia yang sudah implementasi suatu metode atau sistem untuk menyesuaikan dengan era VUCA. Oleh karena itu seluruh Perusahaan di Indonesia yang ingin mengetahui solusinya wajib untuk hadir di OPEXCON 2018,” kata Ferdinan Hasiholan, Chairman SHIFT Indonesia.

SHIFT Indonesia Memberi Penghargaan

Selain konferensi, SHIFT Indonesia juga akan memberikan penghargaan kepada perusahaan swasta dan BUMN terbaik.  Penghargaan ini diberikan pada yang berhasil melakukan efisiensi dan meningkatkan profitabilitas perusahaan melalui perbaikan proses yang berkelanjutan (continuous improvement). Sebagai informasi, setiap tahunnya SHIFT Indonesia menyelenggarakan kompetisi project di bidang improvement. Tahun ini final penjurian OPEXCON Project Competition dilangsungkan pada 9-11 Oktober 2018.

“Eksistensi OPEXCON menjadi bukti bahwa perusahaan di Indonesia terus melakukan perbaikan pada proses dan sistem secara berkesinambungan. Oleh karena itu OPEXCON memberikan apresiasi kepada perusahaan yang melakukan perbaikan secara konsisten dan berkontribusi besar bagi organisasi dan juga individual,” ungkap Ferdinan.

Hendra Yetty, Kabid. Litbang Teknologi Industri, Puslitbang Teknologi Industri dan Kekayaan Intelektual, Kementerian Perindustrian menyatakan bahwa Kementerian Perindustrian sangat mendukung OPEXCON. Menurutnya, seiring dengan perubahan yang terjadi di sektor industri global termasuk adanya revolusi industri 4.0, pelaku bisnis perlu menyesuaikan dan mempersiapkan diri dengan terus melakukan improvement untuk meningkatkan daya saing industrinya.

“Sejalan dengan hal ini maka Kementerian Perindustrian mendukung “OPEXCON Project Competiton” yang diselenggarakan oleh SHIFT Indonesia. Dimana kompetisi ini menampilkan proyek-proyek perbaikan secara berkelanjutan yang telah sukses dilakukan oleh perusahaan-perusahaan. Dengan hasil yang terbukti dapat meningkatkan produktifitas, efisiensi dan atau profit perusahaan nya. Diharapkan proyek-proyek perbaikan ini terus dilakukan dan mendapatkan perhatian dan dukungan penuh, baik dari pihak manajemen perusahaan maupun dari pemerintah, sehingga dapat meningkatkan daya saing industri nasional. Untuk itu maka perlu diberikan apresiasi kepada perusahaan yang telah berhasil sebagai pemenang OPEXCON Project Competition”, terangnya.

loading…


[related_post themes="flat" id="16125"]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

CityHype
Gizmo.id
The GeoTimes
Islandnesia