Background Image

Setelah Android Oreo, Kini Muncul Android Pie

Infojakarta.net – Google merupakan salah satu perusahaan teknologi yang sangat terkenal dan telah merilis beberapa seri terbaru yang salah satunya adalah Android. Seri terbaru dari Android yang ke-9 dinamai dengan Pie dan telah resmi dirilis pada tanggal 7 Agustus 2018. Tentunya Android Pie tersebut memiliki beberapa fitur baru dan lebih canggih. Nah, Berikut ini akan kami ulas fitur-fitur terbaru di Android Pie.

1. Smart Reply dari Notifikasi

Fitur pada Android Pie yang pertama yaitu terdapat smart reply dari notifikasi yang telah diterapkan dengan tampilannya yang serba bulat di antarmuka grafis Android Pie. Bahkan pada bagian quick setting serta tray notifikasi. Pada tampilan setting kini memiliki tampilan yang lebih berwarna. Selain itu, Android Pie tersebut akan langsung menampilkan konten pada bar notifikasi seperti gambar yang terdapat pada aplikasi chatting. bahkan ada juga bisa membalas chat secara langsung tanpa harus masuk ke dalam aplikasinya.

2. Dukungan Terhadap ‘Notch’ tergadap Ponsel Terbaru

Sudah dari tahun 2018 terdapat ponsel dengan layar yang berponi atau disebut dengan notch yang banyak ditemukan pada berbagai merek ponsel Android. Akan tetapi, adanya notch tersebut banyak menimbulkan beberapa masalah yang akan merugikan para penggunanya yaitu salah satunya layar akan terpotong saat menonton film maupun bermain game.

3. Mengedit Screenshoot Secara Langsung

Pada Android Pie memang masih main hukum cara untuk screenshot dengan menahan tombol volume down dan tombol power bersamaan. Selain itu juga terdapat fitur editing screenshot secara langsung. Menunya terdiri dari highlight, crop serta menggambar.

4. Daya Tahan Baterai Diatur oleh AI

Fitur yang selanjutnya pada Android Pie yakni daya tahan baterainya diatur oleh AI. Fitur tersebut akan memeriksa aplikasi apa saja yang sering digunakan atau yang jarang digunakan secara langsung. Akan membatasi kelebihan penggunaan CPU untuk aplikasi yang jarang dipakai. Oleh karena itu fitur tersebut akan menghemat baterai pada smartphone sampai dengan 30%.

5. Mode Lockdown

Faktor yang berikutnya pada Android Pie yaitu mode lockdown. Mode lockdown tersebut. Bisa lebih meningkatkan keamanan pada smartphone ketika dalam keadaan yang berbahaya. Apabila mode lockdown tersebut diaktifkan, maka smartphone Anda akan menonaktifkan sidik jari, face unlock, voice unlock dan akan terkunci.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut maka Anda bisa membuka menu setting – security and location – lockscreen – kemudian aktifkan show lockdown option. Ketika Anda menekan tombol daya, maka Anda bisa menemukan pilihan lockdown.

Maka dari itu, Android Pie Allah memberikan teguran secara langsung pada smartphone yang menggunakan notch tersebut melalui fitur cut-out. Fungsinya yaitu setiap aplikasi yang sedang berjalan akan mendapatkan render ulang sehingga aplikasi yang dijalankan tidak akan terpotong karena notch tersebut.

6. Digital Wellbeing

Pada Android Pie traditional kan digital well-being yang akan memastikan bahwa smartphone Anda bekerja untuk penggunanya dan bukan sebaliknya. Ada juga keunikan lainnya yaitu pada Android dashboard yang mana para penggunanya bisa tahusendiri seberapa banyak waktu yang mereka habiskan di aplikasi tertentu. Ada juga fitur yang akan mengingatkan penggunanya untuk tidur ya Itu fitur wind down mode.

7. Navigasi Berbasis Gestur

Fitur terbaru yang terakhir pada Android Pie yaitu fitur navigasi yang berbasis gesture. Saat ini gerakan seperti ke kanan, atas, kiri dan juga bahwa akan punya fungsinya masing-masing.

Nah, itulah tadi beberapa fitur-fitur terbaru dari Android Pie yang perlu Anda ketahui dan tentunya fitur-fitur tersebut akan sangat membantu Anda dalam pengoptimalan smartphone yang Anda miliki. Semoga bermanfaat.

Afriliana Ambarani

amartaciptakanaka@gmail.com

No Comments

Post a Comment

Password reset link will be sent to your email