Background Image

Sediakan Bus Gratis, Ahok Batasi Sepeda Motor

Bus tingkat pariwisata Jakarta. Foto: Viva News Bus tingkat pariwisata Jakarta. Foto: Viva News

Untuk mengatasi kemacetan yang terjadi akibat proyek pembangunan mass rapid transit (MRT) yang sedang berlangsung, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana akan menyediakan fasilitas bus tingkat gratis. Dikutip dari BeritaJakarta, Wakil Gubernur Basuki T. Purnama mengaku pihaknya sedang mengupayakan penambahan jumlah bus tingkat untuk sarana transportasi gratis tersebut.

“Pengerjaaan proyek MRT pasti memakan jalur, makanya solusi yang kita sediakan bus tingkat gratis sama kayak punya bus pariwisata itu,” ujar Basuki.

“Untuk satu koridor Bundaran HI hingga Blok M, saya kira 15 bus sudah cukup. Makanya kalau lebih dari 20 koridor satu ini cukup untuk membantu urai kemacetan di ruas jalan tersebut,” tambahnya.

Selain itu, Basuki juga berencana akan membatasi penggunaan sepeda motor di koridor yang sudah tersedia bus gratis ini nantinya. Ia menjelaskan akan bekerjasama dengan sejumlah pengelola gedung agar memberlakukan tarif sepeda motor maksimum Rp 5.000 per hari.

“Kalau sudah bayar 5.000, sisanya gratis sampai besok pagi. Kita terapkan sistem parkir seperti ini agar warga bisa nitipin sepeda motornya di belakang-belakang gedung. Lalu untuk naiknya dari gedung langsung ke bus,” jelasnya.

BeritaJakarta

administrator

oellant79@gmail.com

No Comments

Post a Comment

Password reset link will be sent to your email