Background Image

Rencana Baru Kerjasama Huawei dan Leica

Infojakarta.net – Siapa yang tidak mengenal Leica? Merk kamera asal Jerman ini menjadi salah satu produk yang dibanderol dengan harga cukup tinggi. Harga tinggi tersebut hadir bukan tanpa alasan, namun kualitas mumpuni serta produksi dalam jumlah terbatas untuk setiap kamera dari Leica.

Tentu tak banyak yang menyangka jika kemudian Leica akan masuk ke ranah smartphone. Kehadiran Leica di ranah smartphone ini ditandai dengan adanya kerjasama Leica bersama dengan Huawei yang terkenal sebagai salah satu produsen smartphone asal Cina. Seperti apa bentuk kerjasama keduanya? Selengkapnya akan dipaparkan di bawah ini.

Bentuk Kerjasama Huawei dan Leica

Mungkin ada banyak yang bertanya-tanya sebenarnya apa bentuk kerjasama yang hadir antara Huawei dan Leica? Berikut ini adalah beberapa bentuk kerjasama yang dapat ditemui antara Huawei dan Leice.

Pembangunan Pusat Penelitian dan Inovasi

Keseriusan kerjasama dari Huawei dan Leica ini sebenarnya sudah terlihat dari beberapa tahun lalu, tepatnya pada tahun 2016. Dimana Huawei dan Leica memutuskan melakukan kerjasama dalam bidang inovasi dan penelitian. Hal ini semakin diperkuat dengan rencana pendirian pusat penelitian serta inovasi yang akan ditempatkan di Jerman.

Lebih lanjut pusat penelitian ini diberi nama The Max Berek Innovation Lab. Adanya gagasan untuk pembangunan pusat penelitian dan inovasi ini diumumkan bersamaan dengan adanya peluncuran produk terbaru dari Huawei, yaitu Huawei P9.

Hadirnya laboratorium ini digunakan salah satunya untuk mendorong pengembangan lanjutan sistem optik. Selain itu laboratorium ini juga diharapkan mampu mengembangkan software yang dapat digunakan untuk membantu meningkatkan kualitas gambar dalam berbagai aplikasi fotografi. Tentunya hal tersebut juga menyasar smartphone sebagi salah satu sasarannya.

Adanya Lensa Leica dalam Produk Huawei

Kerjasama dari kedua belah pihak ini tidak hanya hadir dalam bentuk laboratorium, namun juga hadir dalam produk-produk yang dimiliki Huawei. Hal tersebut dibuktikan dengan penggunaan lensa Leica pada beberapa produk Huawei seperti Huawei P9 serta P9 Plus.

Hanya saja perlu diketahui jika kehadiran ponsel Huawei yang menggunakan kamera Leica ini hadir dari produk yang berkategori kelas atas saja. Pasalnya dilaporkan bahwa Leica tidak mengizinkan adanya penerapan lensanya pada ponsel kategori menengah ke bawah. Ini karena Leica memposisikan kehadirannya sebagai merk premium sehingga hanya dapat digunakan untuk produk-produk yang memiliki kelas sama.

Bagaimana Rencana Kerjasama Leica dan Huawei Selanjutnya?

Ternyata Huawei dan Leica sudah bekerja sama untuk beberapa bidang yang cukup sentral ya. Mulai dari bidang pengembangan dan inovasi, hingga bekerjasama dalam pembuatan produk Huawei. Lalu bagaimana kerjasama Leica dan Huawei untuk ke depannya?

Komitmen kedua merk ini rupanya akan terus berlanjut. Terbukti dari kembali hadirnya Leica dalam lensa-lensa kamera huawei tipe P serta Mate. Di mana pada kedua series tersebut Leica hadir untuk memberikan desain sistem kamera agar dapat memberikan hasil yang mumpuni.

Sementara di sisi lain Huawei menyokong desain kamera tersebut dengan pengembangan algoritma serta software. Tak hanya dari segi software rupanya untuk masalah kamera Huawei juga turut menyokong kamera Leica dengan menghadirkan fitur 5 x Hybrid Optical Zoom yang merupakan hasil riset dari tim Huawei. Fitur ini dapat ditemukan di ponsel P30 Pro.

Hal ini sekaligus menunjukkan rencana kerjasama Huawei dan Leica untuk ke depannya. Dimana keduanya tetap berkomitmen untuk melakukan kerjasama dalam pengembangan produk-produk smartphone dari segi lensa untuk Leica serta dari segi software dan algoritma untuk Huawei.

Tentunya adanya rencana kerjasama berkelanjutan di antara keduanya ini menjadi angin segar bagi para pengguna huawei maupun leica. Pasalnya ini berarti mereka dapat menjumpai produk-produk favorit dalam ‘bentuk’ yang berbeda, yaitu smartphone dengan lensa canggih.

Afriliana Ambarani

amartaciptakanaka@gmail.com

No Comments

Post a Comment

Password reset link will be sent to your email