Pesan Bermakna dan Positif Dibalik Keelokan Warna-Warni Barongsai

Pesan Bermakna dan Positif Dibalik Keelokan Warna-Warni Barongsai

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Kesenian khas tahun baru Imlek ini semakin dikenal di Indonesia. Pertunjukan barongsai kerap mengundang antusiasme anak-anak kecil hingga orang dewasa. Ini tak lain lantaran aksi akrobatik dan tariannya yang enerjik dan tampak seperti gerakan singa sungguhan. Tak hanya aksinya yang menawan, ada pula pesan bermakna dan positif dibalik keelokan warna-warni barongsai.

Barongsai dipercaya dapat membersihkan suatu tempat dari hal-hal negatif dan membawa keberuntungan. Pesan bermakna ini disimbolkan dengan ornamen dan desain barongsai.

Go To Malls

Pertama soal warna. Sebagai hewan yang paling dihormati, Singa dilambangkan dengan lima warna. Lima warna itu adalah tanda dari lima arah dalam kompas Tiongkok yang memiliki kontrol dan lima unsur kehidupan. Kuning adalah bumi (pusat), hitam adalah air (utara), hijau adalah kayu (timur), merah adalah api (selatan), dan putih adalah logam (barat).Misalnya, hidung singa dibuat berwarna hijau yang melambangkan keberuntungan, kemakmuran, dan pengaruh surga.

Kedua soal ornamen dan musik. Dahi singa dihiasi dengan cermin ajaib yang merupakan simbol untuk menakut-nakuti roh-roh jahat dengan mencerminkan citra mereka sendiri.

Barongsai juga ditandai dengan penggunaan tiga instrumen utama seperti drum, simbal, dan gong. Drum berfungsi sebagai ketukan utama untuk menambahkan penekanan pada manuver dan gerakan tertentu. Simbal dan gong adalah sarana untuk menakut-nakuti nasib buruk melalui suara keras dan sarana meluapkan rasa emosi saat melakukan atraksi barongsai.

Ketiga soal desain. Bentuk tanduk yang digambarkan seperti burung adalah simbol untuk hidup dan regenerasi serta mewakili unsur perempuan. Lalu, telinga dan ekor berbentuk seperti makhluk mistis atau unicorn mewakili kebijaksanaan dan keberuntungan. Tulang belakang merupakan ular yang menjadi simbol pesona dan kekayaan, dan punuk belakang kepala merupakan kura-kura yang berarti umur panjang. Sedangkan, dahi dan jenggot berasal dari naga yang berarti kekuatan, kepemimpinan, dan unsur laki-laki.

Dalam Feng Shui, barongsai memiliki beberapa arti yang dapat membuat tempat anda menjadi lebih bagus. Suara yang nyaring dari drum akan menyucikan atau membersihkan tempat berenergi (chi) negatif dan jelek menjadi energi yang baru dan bagus. Kekuatan dari tarian dan keberadaan dari barongsai untuk mengusir roh jahat keluar dari lokasi, dan memastikan usaha Anda akan lebih sukses. Kehadiran barongsai sebagai simbol kekuatan dan membawa keberuntungan.

Singkatnya, singa merupakan kendaraan menuju kebaikan surga. Ini merupakan harapan rakyat Tionghoa untuk memegang kehidupan yang baik.

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter
loading…


QWords
CityHype
Gizmo.id
The GeoTimes
Islandnesia