Background Image

Perbandingan Waze dan Google Maps

Infojakarta.net – Sebagian besar pengguna gadget yang masih awam mungkin hanya mengetahui Google Maps sebagai aplikasi penunjuk jalan. Namun perlu diketahui bahwa juga terdapat aplikasi lainnya yang serupa dikenal dengan sebutan Waze. Aplikasi ini juga berdiridibawahnaungan perusahaan Google yang telah mengakuisisinya beberapa tahun silam.

Meskipun memiliki konsep yang sama sebagai sebuah perangkat lunak penunjuk jalan, sebenarnya kedua aplikasi ini memiliki beberapa perbedaan. Bagi yang sudah mengetahui kedua aplikasi penunjuk jalan ini mungkin akan bertanya-tanya manakah aplikasi yang lebih unggul untuk digunakan. Agar tidak bingung, alangkah baiknya untuk mengetahuiperbedaan antara Waze dengan  Google Maps yang dijelaskan pada beberapa paragraf dibawah ini.

Navigasi dan Tampilan Interface

Tampilan merupakan hal yang sangat penting bagi kenyamanan pengguna suatu aplikasi. Dalam hal ini, Google Maps dianggap memiliki tampilan yang sederhana dan sangat minimalis. Tampilan yang disediakan juga memiliki kelebihan mudah diatur serta dinavigasi.

Hal inilah yang membuat Google Maps lebih dikenal dan dipilih oleh pengguna gadget yang masih awam. Kelebihan Google Maps tersebut juga sangat direkomendasikan dalam mencari suatu tempat tertentu yang belum diketahui sebelumnya. Selain itu, fitur lain yang dimiliki Google Maps adalah terdapat perkiraan rute baik menggunakan kendaraan tertentu maupun dengan berjalan kaki.

Sementara itu,pada aplikasi Waze terdapat beberapa fitur tertentu yang tidak hadirlayaknya dalam Google Maps. Hal ini berlaku sebaliknya, fitur yang dimiliki oleh aplikasi Waze juga tentu tidak terdapat pada Google Maps. Fitur-fitur dalam Waze tersebut memang sengaja dihadirkan untuk tidak dapat digunakan oleh semua pengguna layaknya Google Maps.

Layanan lebih khusus yang terdapat pada aplikasi Waze juga diimbangi dari segi performa yang lebih unggul. Berdasarkan hal tersebut, aplikasi Waze memberikan kemungkinan bagi penggunanya untuk memasukkan jenis kendaraan beserta bahan bakar yang digunakan. Selain itu, melalui aplikasi Waze penggunanya juga dapat memilih rute yang diinginkan seperti mwnghindari jalan tol atau yang lain.

Keunggulan lain pada Waze yang tidak dimiliki oleh Google Maps adalah fitur laporan lalu lintas dalam keadaan real time dan ter-up date. Dengan fitur tersebut, pengguna mampu mengetahui kondisi jalan yang akan dilalui mulai dari adanya kecelakaan, perbaikan jalan, hingga zona konstruksi. Dengan demikian, aplikasi Waze mampu menghindarkan penggunanya dari masalah perjalanan tidak terduga.

Fitur Bisnis Lokal dan Sosial

Perbedaan selanjutnya yang sangat jelas antara kedua aplikasi ini adalah kehadiran fitur sosial. Seperti yang diketahui bahwa Google Maps tentu tidak dapat digunakan untuk mengobrol dengan pengguna lain atau layanan scoreboard. Sudah sangat jelas bahwa dalam hal ini Google Maps tidak mendukung adanya fitur sosial sama sekali didalamnya.

Akan tetapi kelebihan dari Google Maps dibandingkan dengan Waze adalah dilengkapi dengan adanya informasi bisnis lokal cukup lengkap. Jika menggunakan Google Maps, pengguna akan mengetahui bisnis lokal dengan lebih akurat dan komprehensif. Bahkan informasi yang ditampilkan juga sanggat lengkap mulai dari ulasan, jam operasi, informasi kontak, foto, hingga cara melakukan pemesanan.

Sementara itu, aplikasi Waze lebih menonjolkan fitur sosial bagi penggunanya dibandingkan informasi bisnis lokal. Melalui data Waze yang berasal dari Crow-Sourced, pengguna dapat saling menyapa dan bahkan bekerja sama.

Berdasarkan hal tersebut, pengguna Waze dapat saling mengirimkan pesan atau chat dengan sesama penggunanya. Selain itu, fitur sosial pada Waze juga memungkinkan pengguna untuk bisa menambahkan teman, berbagi lokasi, hingga memperkirakan waktu kedatangan pada tujuan yang sama.

Kenyamanan dan Fitur Spesial

Baik Google Maps maupun Waze juga dilengkapi dengan tambahan fitur menarik yang berbeda tentunya. Pada Google Maps fitur unik yang dihadirkan berupa penambahan Pit Stop antara lokasi terkini menuju lokasi yang dituju. Selain itu, pengguna juga dapat merencanakan suatu perjalanan dengan fitur Depart by dan Arrive at.

Fitur lain yang disediakan oleh Google Maps yaitu mampu mengubah tampilan, mengirim rute dari PC ke smartphone, dan menavigasi bangunan.

Sedangkan fitur istimewa yang terdapat pada aplikasi Waze dianggap kontroversial yaitu dapat menghindari razia polisi. Dengan memperoleh informasi dari lokasi polisi maka pengguna akan dapat menghindari lokasi tersebut tentunya.

Aplikasi Waze juga mampu memberikan informasi mengenai kehadiran kamera atau CCTV di berbagai tempat. Fitur lain yang tidak kalah menarik adalah Planned Drives yang mampu memberitahukan kepada penggunanya kapan harus berangkat untuk mencapai pada waktu tertentu.

Itulah perbedaan antara aplikasi Waze dengan Google Maps yang perlu diketahui. Melalui perbedaan diatas maka memilih aplikasi penunjuk arah akan dapat dilakukan dengan tepat sesuai kebutuhan.

Afriliana Ambarani

amartaciptakanaka@gmail.com

No Comments

Post a Comment

Password reset link will be sent to your email