Background Image

Pemprov Pastikan Pembangunan Dua Ruas Tol Baru

Tol Bintaro-BSD. Foto: Wikimedia Tol Bintaro-BSD. Foto: Wikimedia

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan akan membangun dua ruas jalan tol dalam kota pada tahn 2014 ini. Hal ini ditegaskan Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Manggas Rudy Siahaan. Dua jalan tol ini merupakan bagian dari rencana pembanguna enam ruas tol yang sempat ditolak oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.

Ia menjelaskan bahwa PT Jakarta Tollroad DDevelopment (JTD) bersedia memenuhi permintaan agar satu lajur jalan tol baru tersebut diperuntukkan untuk transportasi publik. Dua ruas tol yang akan dibangun tersebut adalah Sunter-Semanan dan Sunter-Pulogebang.

Manggas juga menjelaskan permintaan untuk penyediaan jalur dan akses untuk transportasi umum sudah disanggupi oleh pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan kontraktor PT JTD. Proyek pengerjaan konstruksi akan dimulai pada pertengahan tahun 2014 dan ditargetkan akan rampung pada tahun 2017 mendatang. Sementara untuk empat ruas jalan tol lainnya akan dibangun secara bertahap.

Adapun dua ruas tol yang akan dibangun tahun ini menjadi prioritas karena menjadi jaringan inner ring road (lingkar dalam) di Jakarta. Selain untuk menambah rasio jalan, pembangunan jalan itu juga berfungsi untuk mengurai kemacetan Ibu Kota.

“Sebenarnya bukan hanya untuk tol saja, tetapi juga untuk jalur busway. Jalan tol ini sebagai loop line untuk angkutan orang dan mendukung angkutan barang,” kata Manggas.

Direktur PT JTD Frans Sunito mengatakan, tidak ada penundaan pelaksanaan pembangunan enam ruas jalan tol ini. Ia mengharapkan, pembangunan dua ruas jalan tol ini bisa dimulai awal semester kedua tahun ini.

Sumber: Kompas.com

administrator

oellant79@gmail.com

No Comments

Post a Comment

Password reset link will be sent to your email