Omron Forpheus Ping Pong Robot

Omron Forpheus Ping Pong Robot

InfoJakarta.net –Di zaman sekarang, teknologi berkembang semakin cepat, bahkan cenderung tidak terbendung. Saat ini, Aritificial Intellegence (AL) makin digandrungi sehingga populer di mana-mana. Kecerdasan buatan yang satu ini mulai diaplikasikan di berbagai bidang kehidupan. Olahraga adalah salah satu yang paling terlihat perkembangannya. Dari banyaknya pengaplikasian yang berhasil dilakukan, robot yang dapat bermain ping-pong dari OMRON adalah salah satunya.

OMRON melakukan debutnya pada Januari 2018 di acara Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas Convention Center (LVCC). Robot yang satu ini dinamai dengan ‘FORPHEUS’. FORPHEUS sendiri memiliki kepanjangan yaitu Future OMRON Robotics Technology for Exploring Possibility of Harmonized aUtomation with Sinic Theore. FORPHEUS ini memanfaatkan kecerdasan buatan guna melakukan tiap gerakan untuk membalas bola pingpong yang dipukul ke arahnya. Pengontrol gerakan dari inti FORPHEUS ini harus mampu membuat keputusan tentang waktu dan arah pukulan yang akan dibalasnya di dalam seperseribu detik.

Untuk memaksimalkan cara kerjanya, FORPHEUS menggunakan sistem tiga kamera yang berfungsi untuk mengidentifikasi bola dan menganalisa pemain lawan. Kamera yang terdapat di sisi kiri dan kanan ini memungkinkan FORPHEUS untuk menganalisa bola ping-pong di dalam ruang 3D. Cara ini sangat identik dengan cara pandang manusia pada umumnya. Dengan adanya kamera itu, PORPHUES mampu mendeteksi lokasi bola sampai 80 kali per detik. Hal ini memungkinkan robot yang satu ini untuk memprediksi arah dari bola ping-pong. Tak hanya kamera kiri-kanan, FORPHEUS pun memiliki kamera yang terletak di bagian tengah yang memiliki fungsi untuk mengevaluasi lawan dan juga mengukur tingkat kemampuan dari lawan yang dihadapinya.

 

FORPHUES memakai lengan robot yang dikendalikan menggunakan kecerdasan buatan dengan sistem motor 5-axis untuk mengayunkan lengannya. Di dalam bermain ping-pong, tiap posisi dari bet atau pemukul punya pengaruh yang besar dalam menentukan arah bola. FORPHEUS akan melakukan analisa atas semua hal tersebut hanya dalam waktu kurang dari 1 detik saja, dan dikontrol dengan kecepatan pemukul sampai 0,1 mm.

Kemampuan tersebut membuat FORHEUS dapat menganalisa gerakan dari lawan dan arah bola sehingga dapat menilai apakah lawannya tersebut mahir atau tidak dalam permainan ping-pong ini. FORPHEUS dapat memberikan penilaian dari hal tersebut dan dapat menyesuaikan tingkat permainannya dengan lawan sehingga permainan dapat berlangsung lama.

Terlepas dari teknologi yang disematkan dalam robot pintar ini, mungkin bermain ping-pong bersama dengan pelatih akan lebih memberikan efek dibanding dengan sebuah mesin belaka. Semangat yang dirasakan saat bermain ping-pong dengan robot dan dengan pelatih langsung ataupun dengan manusia langsung, tentu akan berbeda. Untuk mengatasi hal ini, FORPHEUS punya layar LED di atas mejanya guna memberikan kata-kata semangat sehingga membuat suasana bermain bertambah semangat. Tidak heran jika akhirnya FORPHEUS memecahkan rekor dunia sebagai robot pengajar ping-pong yang pertama di dunia.

FORPHEUS merupakan salah satu bukti betapa berkembang pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi seiring dengan berjalannya waktu. Setiap hal yang ada saat ini tidak lepas dari kecerdasan buatan. Bidang apapun tidak luput dari hal tersebut. Ini menunjukkan bahwa Artifical Intellegence menjadi hal yang tengah booming di dunia. Apakah di antara Anda ada yang tertarik untuk bermain ping-pong dengan FORPHEUS?

 

Bermain dengan FORPHEUS akan menjadi hal yang mungkin di masa depan. Namun untuk sekarang, Indonesia tampaknya belum bisa mengadopsi robot pintar tersebut sehingga membutuhkan beberapa waktu untuk mewujudkannya. Namun kita sebagai konsumen hanya bisa menunggu, kira-kira ada kejutan apa lagi dari kecerdasan buatan ini?

[related_post themes="flat" id="16774"]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

CityHype
Gizmo.id
The GeoTimes
Islandnesia