Omnichannel GoToMalls Mengubah Kebiasaan Belanja Di Era Digital

Omnichannel GoToMalls Mengubah Kebiasaan Belanja Di Era Digital

InfoJakarta.net – Pada hari Selasa 30 Oktober, GoToMalls, sebagai startup pionir pada kategori Retail Tech di Indonesia, menggelar Media Talkshow bertajuk “Peran Retail Tech Dalam Menghadapi Perubahan Kebiasaan Konsumen Dalam Berbelanja di Era Digital”, di Rempa Manado, Epicentrum Walk.

Diskusi Bersama Jurnalis

Event diskusi bersama para jurnalis ini bertujuan untuk memberikan informasi terkini terkait perkembangan industri ritel di Indonesia, serta mengenalkan para jurnalis akan peran dari inovasi teknologi yang dihadirkan oleh startup Retail Tech, seperti GoToMalls.

Diskusi yang menghadirkan para pelaku industri ritel di Indonesia seperti Bruno Zysman, Pendiri dan CEO GoToMalls, Bapak Haryanto Pratantara, Sekretaris Jenderal Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO), dan Ibu Julwita Achmad, Building Manager Epiwalk, sebagai narasumber ini membahas perihal kehadiran teknologi sebagai channel (saluran) tambahan bagi pelaku industri ritel dan pusat perbelanjaan di Indonesia untuk menghadapi kebiasaan konsumen dalam berbelanja yang telah berubah di era digital ini.

Pasalnya, penetrasi internet di Indonesia yang sudah menjangkau lebih dari 50 persen penduduk Indonesia saat ini membuka peluang bagi para pelaku industri ritel konvensional untuk berkembang dengan memanfaatkan integrasi dengan saluran online.

Bruno Zysman, di sela – sela diskusi mengatakan “Integrasi dengan saluran online bagi para pemilik ritel kini menjadi hal yang sangat penting, sebab penggunaan saluran promosi fisik saja tidak akan efektif lagi di tengah perubahan pola berbelanja konsumen yang serba digital saat ini,” Ia juga menyampaikan bahwa menurut riset yang dirilis oleh McKinsey pada tahun 2018, sebesar 94 persen konsumen di dunia telah melibatkan internet ketika berbelanja, artinya mayoritas penduduk dunia sudah berinteraksi dengan brand atau ritel dengan menggunakan internet dalam rangkaian pengalaman berbelanjanya.

Dalam diskusi lebih lanjut pada talk show ini, para narasumber menyepakati satu hal; bahwa walaupun tingkat penjualan terbesar ritel di Indonesia masih terjadi melalui physical store (toko ritel offline), namun berdasarkan riset tersebut, terbukti terjadi pergeseran tren. Sekitar 20 persen konsumen mengakui mereka selalu melakukan riset secara online terlebih dahulu sebelum membeli suatu produk pada toko ritel offline. Selain itu 30 persen lainnya mengatakan mereka melihat dan mencoba produk tersebut pada toko ritel offline sebelum akhirnya membeli melalui saluran online.

Kebiasaan Belanja Milenials

“Hal ini memang menjadi gambaran dari pembeli generasi baru dengan kebiasaan berbelanja yang telah berubah, dimana Gen X tidak hanya datang ke toko fisik untuk melihat harga, namun lebih dari itu mereka mencari pengalaman (berbelanja), di sisi lain, milenials cenderung lebih menyukai untuk dapat melakukan pembelian secara instan,” ujar Bruno saat mengomentari pertanyaan tentang perilaku berbelanja para generasi baru.

Mengacu pada perubahan tren tersebut, Bruno menyampaikan “GoToMalls melihat pergeseran tren ini sebagai potensi yang besar bagi industri ritel Indonesia. Untuk itu, kami hadir sejak 2016 lalu di Indonesia sebagai startup retail tech yang terus melahirkan inovasi – inovasi demi mewujudkan misi kami menjadi jembatan antara potensi tersebut dengan pengalaman berbelanja secara langsung di toko ritel fisik, guna membantu industri ritel konvensional terus berkembang mengikuti pesatnya perkembangan teknologi dengan memanfaatkan omnichannel sebagai saluran pemasarannya,”

Konsep Omnichannel

Omnichannel sendiri merupakan sebuah konsep yang menitikberatkan pada pengalaman konsumen dalam berbelanja menggunakan beragam saluran yang terintegrasi secara offline dan online. Melalui talk show ini pula, GoToMalls menegaskan bahwa peritel dapat mengakomodir konsumen yang semakin ‘melek teknologi’ ini sebagai konsumen potensial mereka, dengan cara memanfaatkan omnichannel sebagai saluran penjualan mereka, seperti melalui platform GoToMalls.

“Omnichannel merupakan jawaban bagi peritel di Indonesia dalam beradaptasi dengan perubahan kebiasaan berbelanja ini, sebab menghadirkan pengalaman berbelanja bagi konsumen di toko fisik menjadi tantangan tersendiri bagi pemilik ritel, karena hal ini lah yang mampu membedakan diri mereka dengan e-commerce.

Secara umum, pemasaran omnichannel menjadi celah yang harus dimanfaatkan oleh brand untuk menarik konsumen di mana pun mereka berada dan menjadi penting bagi para peritel untuk dapat menawarkan pengalaman yang berbeda bagi konsumen ketika berbelanja di toko fisik, agar menjadi daya tarik bagi konsumen untuk datang ke toko mereka,” tambah Bruno di penghujung sesi talk show.

Sebagai cara untuk menarik konsumen berbelanja di toko ritel fisik, peritel harus mampu untuk melakukan perubahan pada toko fisik mereka untuk meningkatkan pengalaman berbelanja di toko mereka melalui inovasi teknologi maupun non-teknologi.

Sebagai contoh, berbagai brand inovatif kelas dunia telah melakukan hal ini, misalnya mencicipi secangkir kopi di toko Nespresso. Untuk memberikan konsumen pengalaman akan keberagaman kualitas rasa kopi yang disajikan sebelum mereka membeli kopi, mencoba sepatu Nike pada arena jogging yang tersedia di dalam store. Atau melihat ke dalam Augmented Reality yang dikemas menjadi sebuah kaca pintar pada toko Macy’s untuk mengetahui apakah pilihan baju dan warna yang dipilih cocok atau tidak.

Sejak dirilis tahun 2016 silam, GoToMalls telah membantu 426 pusat perbelanjaan atau mall. Dengan lebih dari 25.000 toko yang tergabung di dalamnya untuk dapat memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik kepada konsumen di Indonesia.

Terbaru, GoToMalls kini telah meluncurkan sebuah fitur khusus bernama Hot Deals yang dapat menyediakan penawaran eksklusif dari brand – brand ternama melalui transaksi yang terintegrasi secara online dan realtime kepada konsumen.

loading…


[related_post themes="flat" id="16211"]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

CityHype
Gizmo.id
The GeoTimes
Islandnesia