Background Image

Manfaat Dark Chocolate untuk Kesehatan Tubuh

Infojakarta.net – Saat ini, ada berbagai jenis cokelat yang bisa kita temukan di pasaran. Mulai dari cokelat putih, cokelat susu, hingga cokelat hitam atau yang lebih dikenal dengan dark chocolate. Dari ketiga jenis cokelat tersebut, ternyata dark chocolate memiliki manfaat yang lebih besar untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat dark chocolate bagi kesehatan tubuh yang bisa kita rasakan.

Mencegah Diabetes

Meningkatnya kadar nitrit dalam tubuh akibat mengkonsumsi dark chocolate juga bisa membantu tubuh untuk meningkatkan respon sensitivitas insulin. Sensitivitas insulin sendiri merupakan hal yang paling dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil dan terhindar dari penyakit diabetes.

Mengandung Antioksidan yang Tinggi

Dark chocolate memiliki kandungan antioksidan polifenol, flavanol dan katekin tinggi yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas penyebab penyakit dan penuaan dini. Tubuh kita ini sangat rentan terkena radikal bebas dari lingkungan sekitar. Seperti yang kita ketahui bahwa radikal bebas dapat menyebabkan mutasi DNA yang dapat memicu munculnya berbagai penyakit. Mulai dari radang sendi, stroke, darah tinggi, tukak lambung bahkan hingga penyakit jantung dan kanker. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa kandungan antioksidan yang terdapat pada dark chocolate lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan antioksidan pada buah blueberry dan acai berry.

Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Menurut sebuah penelitian, mengkonsumsi dark chocolate dalam jangka waktu yang panjang dan rutin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 20%. Hal ini dapat membuat kita terhindar dari risiko terkena penyakit kardiovaskular.

Mampu Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Kandungan flavanol yang terdapat pada dark chocolate dapat membantu mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh radiasi sinar matahari. Dalam hal ini, flavanol dapat melancarkan aliran darah dari kulit dan meningkatkan kekenyalan dan kelembapan kulit.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa manfaat dark chocolate dipercaya dapat menangkal dampak buruk dari radiasi sinar UVB yang dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit, kerusakan mata, dan kanker kulit.

Menghindari Risiko Terkena Penyakit Jantung

Sebenarnya, manfaat dark chocolate yang paling utama bersumber dari kandungan flavanolnya. Dalam tubuh, flavanol akan mengaktifkan gen dalam sel untuk memproduksi nitrit oksida. Nitrit oksida ini berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lebih lancar dan tekanan darah pun ikut menurun. Turunnya tekanan darah dalam tubuh yang disebabkan karena memakan dark chocolate juga akan membantu kita menghindari risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Kenyang lebih lama

Penelitian yang dilakukan oleh University of Copenhagen menunjukkan bahwa memakan dark chocolate dapat membuat perut kenyang lebih lama. Selain itu juga mencegah hasrat untuk menginginkan makanan-makanan yang manis, asin dan berlemak. Oleh sebab itu, dark chocolate bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang sedang dalam program menurunkan berat badan.

Mempertajam Fungsi Otak

Selain manfaat-manfaat yang telah disebutkan sebelumnya, ternyata dark chocolate juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kognitif otak. Salah satunya adalah mampu mempertajam memori serta kemampuan kita dalam berpikir secara logis. Manfaat yang satu ini juga bisa kita dapatkan berkat kandungan flavonoid yang terdapat di dalam dark chocolate.

Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa dark chocolate mampu meningkatkan fungsi kognitif pada orang tua yang memiliki penurunan fungsi kognitif. Selain itu, penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa mengkonsumsi dark chocolate yang tinggi flavanolnya dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak menjadi lebih lancar.

Itulah beberapa manfaat dark chocolate bagi kesehatan tubuh yang harus kita ketahui. Semoga bermanfaat.

Afriliana Ambarani

amartaciptakanaka@gmail.com

No Comments

Post a Comment

Password reset link will be sent to your email