Background Image

Makanan Lezat yang Ternyata Tidak Baik Bagi Pencernaan

infojakarta.net – Beberapa orang memiliki ketahanan perut yang baik. Namun yang lainnya cukup bermasalah dengan perut, sehingga mau tidak mau menjaga pola makannya. Akan tetapi, kamu yang merasa tidak punya masalah dengan perutmu pun tetap harus menjaga kesehatannya karena secara tidak sadar setiap harinya kamu akan memakan makanan yang ternyata tidak baik bagi pencernaanmu. Apa saja makanannya? Simak ulasannya di bawah ini:

Es Krim

Es krim merupakan makanan yang diminati oleh anak kecil sampai orang dewasa. Tidak heran jika penjual es krim selalu laku keras, bahkan di musim hujan sekalipun. Akan tetapi, makanan bertekstur lembut dan manis ini ternyata tidak baik untuk pencernaan jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Bahkan, dalam situasi yang tidak tepat pun dapat menimbulkan masalah. Hal ini karena, es krim mengandung banyak lemak. Kandungan lemaknya ini dapat menimbulkan refluks asam pada pencernaanmu.

Gorengan

Gorengan merupakan salah satu makanan yang tetap dikonsumsi meski sebagian besar masyarakat sudah tahu bahayanya. Memang beberapa momen rasanya kurang lengkap apabila tidak ada gorengan. Lalu kenapa makanan ini tidak baik untuk pencernaan? Nah, kamu pasti sudah tahu kandungan lemak jenuhnya. Lemak jenis ini dapat meningkatkan asam lambung kamu lho!

Roti tawar

Roti tawar merupakan makanan yang pas untuk mengganjal perut di pagi hari. Namun kamu harus segera mengurangi konsumsinya. Sebab, roti tawar mengandung serat yang rendah. Tidak hanya itu, kandungan gluttennya pun tinggi. Hal ini membuat roti tawar cukup sulit dicerna tubuh. Dalam roti tawar pun tidak ada enzim alami yang membuat dapat roti tawar mudah dicerna tubuh.

Kacang merah

Kacang merah merupakan sumber serat yang baik bagi tubuh. Hanya saja, jika kamu mengkonsumsinya secara berlebihan akan menimbulkan gangguan pencernaan. Kandungan seratnya yang banyak membuat tubuh kelebihan menyerap serat dan menyebabkan usus terlalu cepat mencerna makanan. Untuk itu, bila ingin kacang merah memberikan dampak yang baik, jangan mengkonsumsinya secara berlebihan.

Sayuran

Sayuran ini punya kandungan serat yang tinggi. Setiap orang pun tahu itu. Lalu kenapa tidak baik untuk kesehatan? Seperti kasus kacang merah, kandungan seratnya yang tinggi dapat merugikan pencernaan. Konsumsi sayur dalam jumlah yang berlebihan dapat memicu diare, kembung sampai menaikkan gas lambung. Untuk itu, konsumsilah sayur sesuai dengan kebutuhan tubuh karena itu akan lebih baik dibanding kamu memaksakan diri terlalu makan sayur dan berakhir mengalami gangguan pencernaan.

Kafein

Kafein tidak hanya terkandung pada kopi. Kafein pun dapat ditemukan dalam cokelat dan teh. Kamu pun tentu sudah tahu jika kandungan kafein yang berlebihan tidak baik untuk tubuh. Salah satunya adalah kafein dapat membuat kamu buang air besar secara berlebihan. Bila hal ini terjadi, maka usus harus bekerja lebih ekstra dan ini dapat menyebabkan luka pada usus kamu.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memiliki kandungan lemak yang tinggi. Lemak tersebut tidak baik untuk pencernaan. Tak hanya itu, kacang-kacangan pun sulit dicerna oleh tubuh. Hal ini karena kandungan karbohidrat kompleksnya sulit diubah menjadi kalori. Untuk itu, jangan sampai kamu mengkonsumsi kacang-kacangan secara berlebihan untuk kesehatan pencernaan kamu.

Nah itulah sejumlah makanan lezat yang ternyata tidak baik untuk pencernaan. Beberapa di antaranya memiliki kandungan yang baik untuk tubuh bila dikonsumsi dalam jumlah wajar.

Afriliana Ambarani

amartaciptakanaka@gmail.com

No Comments

Post a Comment

Password reset link will be sent to your email