JOOX Memimpin Industri Musik Streaming di Indonesia

JOOX Memimpin Industri Musik Streaming di Indonesia

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Aplikasi musik streaming, JOOX memimpin industri musik streaming di Indonesia. Terpilih sebagai layanan musik streaming terfavorit di empat negara Asia, termasuk Indonesia. Hal ini disampaikan dalam studi yang dilakukan oleh McKinsey mengenai bagaimana digitalisasi membawa pengaruh positif dalam perkembangan ekonomi Asia, termasuk dalam sektor industry musik. Studi ini juga memaparkan bahwa pendapatan musik digital di Asia tumbuh lebih cepat dari industri musik dalam skala global. Industri musik digital di Asia tumbuh sebanyak 8.8 persen per tahun dengan prediksi kenaikan sebanyak 15 persen pada tahun 2020.

1-1

Sejalan dengan hal ini, International Federation of the Phonographic Industry (IFPI) melalui Global Music Report 2016 menjelaskan peningkatan angka pengguna smartphone serta pengembangan infrastruktur berbasis internet turut mendukung perkembangan industri musik digital, khususnya layanan musik streaming. McKinsey juga menjelaskan, pada awal tahun 2011, pendapatan dari unduh lagu 72 persen lebih tinggi bila dibandingkan pendapatan musik digital. Namun di tahun 2015, rasio ini berubah menjadi 43 persen untuk musik digital berbanding 45 persen pendapatan unduh lagu.

Gotomalls inside artikel

4

Benny Ho Senior Director Tencent mengungkapkan berubahnya pola konsumsi musik merupakan sebuah potensi besar yang masih akan terus berkembang dalam dunia digital.
Hal ini mendorong Tencent untuk terus mengembangkan platform digital music JOOX, yang tidak hanya selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan konten musik berkualitas, namun juga mengembangkan sebuah platform yang dapat terintegrasi sebagai strategi bisnis perusahaan secara keseluruhan.

“Tidak dapat dipungkiri perubahan model bisnis dalam industri musik turut mempengaruhi strategi pemasaran perusahaan lainnya yang mulai melirik platform digital sebagai medium yang dapat membantu para pemasar untuk menyentuh segmentasi pasar yang lebih tepat sasaran,” ungkapnya.

4-2

pertama kali diluncurkan pada tahun 2015, JOOX menawarkan solusi bagi konsumen untuk mendapatkan konten musik secara legal serta memberikan kanal distribusi baru bagi label musik. Kehadiran JOOX juga membantu mengakselerasi perkembangan industri musik dengan cara menjaga hak cipta karya kreatif. Tahun ini, JOOX menjadi salah satu aplikasi yang sangat diminati dan dominan untuk platform IOS dan Google Play serta menjadi nomor 1 di kategori aplikasi musik streaming berdasarkan survey AppsAnnie.

Data yang diperoleh untuk memenuhi keinginan pengguna akan konten musik berkualitas, membuat JOOX dengan mudah menganalisa tingginya potensi para penikmat musik di Asia. “JOOX membuka peluang bagi perusahaan untuk menyentuh pasar anak muda dan urban melalui data yang kami miliki. Melalui cara ini para pelaku bisnis dapat menyampaikan pesan perusahaan ke audiens yang tepat dan meningkatkan efisiensi perusahaan,” tambah Benny.

4-1

JOOX menggandeng Telkomsel sebagai rekan dalam menyasar konsumen di Indonesia. JOOX juga memperluas jaringannya dengan menjalin kerja sama dengan label musik internasional dan lokal, seperti Sony Music, Universal, Warner Music, Musica Trinity, Aquarius, Nagaswara serta label independent lainnya. Selain itu, JOOX juga kerap menyelenggarakan event mini concert bernama JOOX LIVE untuk memenuhi kebutuhan para penikmat musik di Indonesia.

“Sebagai pemain terkuat di Asia, kami terus meningkatkan kualitas dan berinovasi untuk memenuhi keinginan pecinta musik di Indonesia. Di perayaan satu tahun JOOX di Indonesia, kami juga memperkenalkan inovasi terbaru kami, V-Station yang memberikan kesempatan bagi penikmat musik dan para musisi untuk saling berkomunikasi. Fitur terbaru ini memberikan pengalaman video chatting yang berbeda dari sebelumnya. Kami sangat senang dapat menjadi satu-satunya penyedia layanan musik streaming yang memiliki fitur unik ini,” jelas Benny.

“Kami juga berharap JOOX dapat membuka kesempatan bagi perusahaan untuk menjangkau pasar anak muda melalui ketertarikan mereka dalam musik. Semoga ke depannya JOOX dapat menjadi medium pemasaran baru bagi seluruh perusahaan industri kreatif digital di Indonesia,” tutup Benny.

Article from gizmo.id

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter
loading…


Rekomendasi Berita :
CityHype
Gizmo.id
The GeoTimes
Islandnesia