Background Image

Jadi Biang Kemacetan, Ahok Minta Akses ke Plasa Semanggi Ditutup Total

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku geram dengan pengaturan lalu lintas di simpang Semanggi, Jakarta Selatan, khususnya di persimpangan Jalan Gatot Subroto depan Plaza Semanggi (Plangi).

Plaza Semanggi. Foto: Lippo Malls Plaza Semanggi. Foto: Lippo Malls

“Itu memang biang kemacetan, ada pintu tol, bisa masuk ke mall langsung, kita akan tutup itu, nggak ada urusan,” ujar Basuki di Balai Kota DKI Jakarta, dikutip dari Tribunnews.

Menurut Ahok, simpang itu menjadi penyebab utama kemacetan karena kendaraan dari arah Jalan Jenderal Sudirman akan belok kanan masuk ke tol dalam kota. Kemudian kendaraan dari arah Slipi mau belok ke kiri ke masuk ke Plaza Semanggi.

Ahok mengatakan, nantinya kendaraan yang mau masuk ke dalam mal harus memutar melalui Setiabudi, “Jalan di Karet Semanggi (Setiabudi) itu kan kecil, nanti mau kita lebarin jalannya, jadi yang di Semanggi ditutup permanen,” jelas Ahok.

Selama ini penutupan sudah beberapa kali dilakukan baik oleh Polda Metro Jaya dan juga Dinas Perhubungan DKI Jakarta, bahkan sejak era kepemimpinan Fauzi Bowo. Namun pemerintah dan Polisi terus mengalah, dengan alasan akses itu digunakan Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI). Sebab selain pusat perbelanjaan, pintu tersebut merupakan akses menuju kantor pusat LVRI.

Ahok pun menyatakan, dirinya siap menghadapi protes dari LVRI dan Lippo Mall sebagai pemilik Plangi. ”Protes pasti ada, pengguna jalan itu lebih banyak daripada pengunjung mall, kita akan tetap tutup itu, Plaza Semanggi yang paling ngotot,” tegas Ahok.

Seperti diketahui sebelumnya, penutupan pintu akses masuk Plaza Semanggi yang sebelumnya dilakukan Pemprov DKI mendapat perlawanan anggota LVRI. Dengan membawa bambu runcing, para pejuang kemerdekaan tersebut membongkar pembatasa beton yang digunakan untuk menutup akses pintu masuk gedung LVRI. Akhirnya beton pembatas dipasangi rantai dan digunakan sistem buka tutup. Akses pintu masuk tersebut akan ditutup mulai pukul 16.00 hingga 20.00 kecuali Sabtu dan Minggu.

Sumber: Tribunnews

administrator

oellant79@gmail.com

No Comments

Post a Comment

Password reset link will be sent to your email