Background Image

Inilah 7 Perilaku yang Membuat Temanmu Menjauh

infojakarta.net – Peran teman dalam kehidupan kita sangatlah penting. Ada beberapa hal yang hanya bisa kamu bagi dengan teman, tidak dengan orang tua. Untuk itu, menjaga hubungan pertemanan adalah suatu hal yang harus dilakukan. Namun terkadang, ada sejumlah sikap yang tidak disadari merusak pertemananmu. Sikap-sikap ini membuat temanmu menjadi agak menjaga jarak denganmu. Bahkan tidak jarang mereka enggan untuk berteman lagi. Sikap seperti apa saja? Simak ulasannya di bawah ini:

Membicarakan mereka di belakang

Membicarakan tentang seberapa dekatnya kamu dengan temanmu di belakang, mungkin hal yang sah-sah saja dilakukan. Akan tetapi bila kamu sudah menjelek-jelekan temanmu di belakang mereka, maka itu sudah keterlaluan. Terlebih kamu menjelek-jelakannya kepada teman lain yang juga kenal dengan temanmu. Bisa saja gosip tersebut terdengar ke telinga temanmu melalui perantara yang tidak diduga-duga. Jika sudah begini, hubungan pertemanan kamu bisa terancam. Ingat, tidak ada yang suka saat mendapati temannya sendiri menjelek-jelekannya di belakang.

Terlalu menilai mereka

Setiap orang pasti pernah melakukan hal yang seharusnya tidak boleh dilakukan. Itu merupakan hal yang tidak baik. Hanya saja jangan langsung menilainya negatif. Mungkin saja di balik itu semua, ia memiliki alasan tersendiri untuk melakukannya. Begitupun saat temanmu melakukan sesuatu, jangan langsung menilai mereka benar atau salah. Cari tahu dulu dengan bertanya padanya, jangan langsung menilai atau bahkan menghakiminya.

Cenderung memerintah teman

Terkadang kita tidak sadar menggunakan nada yang cenderung memaksa bukannya memberi saran. Hal ini membuat teman merasa diperintah akan suatu hal olehmu. Tentunya kondisi ini membuat mereka tidak nyaman. Untuk itu saat kamu memberikan sebuah saran, jangan terlalu memaksakan saranmu karena pada akhirnya keputusan ada di tangan temanmu.

Selalu berharap mereka yang meraihmu

Sebuah hubungan pertemanan akan lebih erat bila sering menghabiskan waktu bersama, baik itu hanya jalan-jalan saja ataupun nongkrong sambil ditemani cemilan ringan di suatu café. Saat rencana hangout itu hadir, apakah kamu menjadi salah satu yang berusaha memberi inisiatif? Atau hanya golongan orang yang ikut hasil akhir saja? Bila kamu masuk golongan yang kedua, ada baiknya mulai dari sekarang harus berusaha untuk lebih bisa memberikan pendapatmu. Jangan hanya menunggu teman untuk meraihmu, misalnya dengan menanyakan pendapatmu, kamu pun harus inisiatif sendiri memberikan pendapatmu tanpa ditanyakan terlebih dahulu.

Berharap diberi tapi tidak mau memberi

Persahabatan merupakan hubungan timbal balik, baik itu dalam segi waktu, usaha, uang sampai cinta. Bila kamu seringkali meminta bantuan dan tidak membantu balik temanmu tersebut, maka lama-kelamaan temanmu akan menjauhimu. Sebab, hanya kamu yang mendapatkan keuntungan di sini, sementara teman kamu tetap harus bersusah payah sendiri di masa-masa sulitnya tanpa kamu di sisinya.

Selalu mengulang kesalahan yang sama berulang kali

Tidak semua orang dapat menerima kesalahan yang sudah dilakukan berulang-ulang. Tidak heran jika akhirnya temanmu secara perlahan menjauhi karena kesalahan tersebut. Untuk itu, hindarilah melakukan kesalahan yang sama. Saat kesalahan pertama, kedua dan ketiga, mereka tetap memaklumi, setidaknya hargailah perasaan mereka yang tetap mendukungmu meski terus melakukan kesalahan tersebut. Ubahlah kesalahan tersebut, jangan sampai terjadi lagi. Perubahan tersebut bukan hanya baik untukmu, tapi juga baik untuk hubungan pertemananmu.

Terlalu berpikir yang tidak-tidak

Semua orang pasti memiliki masalahnya tersendiri, begitupun temanmu. Tidak semua orang harus mengerti kamu, terlebih dengan masalah yang sama terus menerus. Misalnya, kamu terus menerus curhat tentang pacarmu pada temanmu. Kamu menganggap pacarmu tersebut tidak dapat mengerti kamu. Temanmu beberapa kali memberi saran untuk mengakhiri hubungan dengan pacarmu itu, namun kamu tidak pernah mendengarkan. Lama-kelamaan saat kamu datang padanya untuk curhat masalah yang sama, dia pasti akan muak juga.

Afriliana Ambarani

amartaciptakanaka@gmail.com

No Comments

Post a Comment

Password reset link will be sent to your email