Hindari Sakit Saat Buka Puasa, Konsumsi Jenis Makanan Ini

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

drink-water

Bulan puasa adalah saat dimana kita menahan nafsu, termasuk nafsu untuk makan dan minum. Setelah seharian berpuasa, kebanyakan orang cenderung langsung menyantap seluruh hidangan berbuka yang ada tanpa memperhatikan dampaknya.

Go To Malls

Mengkonsumsi makanan berat seperti roti, gorengan, dan daging ketika baru berbuka puasa dapat membuat Anda sakit. Nah, untuk menghindari sakit pada saluran pencernaan saat berbuka puasa, berikut ini ada beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa membantu:

Air
Apa hal pertama yang Anda ambil ketika waktunya berbuka puasa? Sepiring makanan lezat atau segelas air mineral? Sebagian besar kita mungkin akan memilih air, namun kenyataannya adalah kebanyakan orang akan menghabiskan sajian makanan berat ketimbang meminum air terlebih dahulu.

Selama puasa, kita tidak akan mengkonsumsi makanan dan minuman selama berjam-jam, dalam kondisi ini tubuh kita akan membatasi produksi enzim dan level gula darah akan menurun. Ketika kita kekurangan cairan dalam tubuh, kita akan dihadapkan oleh dehidrasi, susah berkonsentrasi, sakit kepala, pening, kelelahan dan juga kesulitan untuk fokus.

Nah, untuk menghapus rasa lelah setelah bekerja seharian, sebelum mengkonsumsi sepiring makanan, pastikan Anda meminum minimal segelas air mineral dahulu setidaknya untuk membatalkan puasa hari itu.

Buah kaya air
Ketika berbuka puasa, akan menjadi lebih baik dan sehat jika Anda memakan buah segar yang kaya akan air seperti semangka, anggur atau melon. Buah dengan kadar air yang tinggi dengan mudah akan dicerna oleh pencernaan sehingga tubuh Anda akan diisi kembali dengan nutrisi dan energi dengan cepat.

Sup
Selain buah segar, sup adalah ide baik sebagai teman buka puasa. Selain sehat, sup jelas tidak berbahaya untuk perut dan juga gampang dicerna. Sup berisikan sayuran akan memberi suntikan vitamin bagi tubuh Anda.

Ubi
Ubi menyediakan sejumlah energi yang cocok bagi tubuh setelah seharian menjalani puasa. Ubi juga mengandung beta-karotin, vitamin C dan potassium. Untuk variasi Anda bisa mencampur ubi Anda dengan kayu manis.

Telur
Memang jarang telur menjadi primadona santapan berbuka puasa. Namun, Anda bisa memulainya dari sekarang untuk mengkonsumsi telur setelah berpuasa. Selain mudah dicerna, telur adalah cara termudah untuk mengembalikan protein untuk tubuh. Satu butir telur menyediakan 6 g protein berkualitas dan 9 jenis amino acid pyang penting untuk tubuh.

Merdeka.com

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter
loading…


QWords
CityHype
Gizmo.id
The GeoTimes
Islandnesia