Konsumsi Makanan dan Minuman Berikut Dapat Menyebabkan Tulang Rapuh

Konsumsi Makanan dan Minuman Berikut Dapat Menyebabkan Tulang Rapuh

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Untuk menjaga kesehatan tulang, jagalah asupan makanan yang Anda konsumsi setiap harinya. Selain gaya hidup sehat, asupan makanan harus dijaga agar Anda tidak mengalami tulang rapuh akibat mengkonsumsi makanan yang dapat memicu terjadinya tulang rapuh pada tubuh.

Seperti dilansir oleh Thehealthsite, berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman yang bisa melemahkan tulang Anda secara berkala. Guna menghindari terjadinya kerapuhan tulang di kemudian hari, Anda diharapkan untuk dapat menghindari makanan dan minuman berikut :

Alkohol

Keseringan mengkonsumsi minuman beralkohol dapat mengakibatkan fraktur oestoporosis dan rendahnya kepadatan tulang. Jika Anda mengkonsumsi minuman keras atau minuman beralkohol secara berlebihan bisa mengakibatkan timbulnya peradangan pada tulang dan meningkatkan risiko patah tulang saat mengalami cedera.

Garam

Percaya atau tidak, mengkonsumsi garam berlebih juga dapat menyebabkan tulang menjadi lebih cepat rapuh. Garam yang dikonsumsi secara berlebih dapat mengakibatkan berkurangnya kemampuan tulang untuk mengikat air dan kalsium yang dapat menguatkan tulang. Akibatnya, Anda akan lebih mudah terkena dampak osteoporosis khususnya bagi wanita yang telah memasuki masa menopause.

Hindari konsumsi minuman manis secara berlebih

Hindari konsumsi minuman manis dengan kadar gula yang tinggi

Minuman Soda

Mengkonsumsi minuman soda atau minuman dengan kadar gula tinggi lainnya juga tidak baik untuk kesehatan tulang. Ini sama halnya dengan minuman beralkohol yang berkaitan dengan tingkat kepadatan tulang. Sebagai gantinya, Anda harus lebih memperbanyak konsumsi susu guna mendapatkan asupan vitamin D, vitamin K, serta Kalsium.

Kopi dan Teh

Kedua jenis minuman berkafein ini juga tidak baik untuk kesehatan tulang Anda jika dikonsumsi secara berlebih. Studi menyebutkan, minuman berkafein dapat mengurangi mineralisasi tulang sehingga membuat tulang lebih rentan mengalami fraktur dan osteoporosis.

Sayuran Dengan Kandungan Alkaloid

Jenis sayuran seperti Terong, Tomat, Kentang dan Paprika termasuk berbahaya bagi kesehatan tulang jika di konsumsikan secara berlebih. Jenis sayur-sayuran ini mengandung Alkoloid yang kontroversial di dunia medis. Anda juga akan rentan mengalami gejala rematik bila mengkonsumsinya setiap hari.

Bayam

Ternyata Bayam juga disinyalir dapat membuat tulang menjadi mudah rapuh. Alasannya karena sayuran hijau yang satu ini mengandung banyak oksalat yang bisa mempengaruhi kesehatan tulang. Meskipun Bayam tergolong sumber Kalsium yang baik, namun tubuh dapat mengalami kesulitan untuk mengekstrak nutrisi pembentukan tulang dari sayuran yang mengandung oksalat ini.

HIndari konsumsi daging merah berlebih

Konsumsi daging merah juga dapat berdampak pada kesehatan tulang Anda

Daging Merah

Selain penyumbang terbesar resiko terjadinya kanker usus besar, daging merah juga bisa berdampak buruk bagi tulang Anda. Sebuah studi terbaru pada tahun 2017 ini menyimpulkan bahwa seseorang yang bisa mengurangi makan daging merah dampaknya sangat positif untuk kesehatan tulang.

Karena itu, batasilah konsumsi makanan dan minuman tersebut guna menghindari resiko munculnya banyak penyakit yang menganggu  aktivitas Anda di kemudian hari.

 

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter
loading…


QWords
CityHype
Gizmo.id
The GeoTimes
Islandnesia