Harmoni, Lambang Sosialita Warga Eropa di Batavia

Harmoni, Lambang Sosialita Warga Eropa di Batavia

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Jakartans yang sering melewati kawasan Jakarta Pusat, khususnya dari arah Jalan Tomang menuju Pasar Baru atau dari arah Istana Negara menuju arah Jalan Hayam Wuruk pasti tidak asing lagi dengan kawasan Harmoni.

Nama Harmoni itu sendiri diambil dari nama gedung buatan jaman kolonial Belanda yang bernama Societeit De Harmonie. Gedung yang mulai dibangun pada tahun 1810 ini digunakan sebagai tempat perkumpulan (societeit) dan tempat hiburan khusus bagi warga Batavia dari kalangan Eropa. Gedung ini konon dibuat karena dilandasi sikap sinis masyarakat Eropa abad ke-19 yang ingin memiliki tempat hiburan sendiri dan tidak ingin berbaur dengan masyarakat pribumi. Di gedung inilah setiap akhir pekan kaum sosialita Belanda berkumpul, berpesta, dan menjadi ajang pencarian jodoh bagi para Noni Belanda.

Baca JugaPasar Baru Sejarah Kawasan Belanja Peninggalan Belanda

Gedung Societeit De Harmonie sekitar tahun 1874

Gedung Societeit De Harmonie sekitar tahun 1874

Sebelum digunakan sebagai tempat perkumpulan, gedung Harmoni merupakan sebuah benteng pertahanan bernama Rijswijk yang terletak di luar kota Batavia untuk menjaga jalan masuk kota dari arah selatan. Benteng tersebut mengalami kerusakan pada insiden tahun 1740 lalu ditinggalkan dan terbengkalai. Pada pemerintahan Gubernur Jenderal Daendels pada tahun 1810, benteng Risjwijk tersebut dibenahi dan memerintahkan Mayor Schultze untuk merancang sebuah gedung perkumpulan di sudut Jalan Rijswijk (kini Jalan Veteran) dan Rijswijkstraat (kini Jalan Majapahit) namun tidak sampai rampung. Pembangunan Gubernur Jenderal Daendels ini kemudian dilanjutkan oleh Gunernur Jenderal Inggris Raffles dan secara resmi dibuka pada bulan Agustus 1868, bertepatan dengan ulang tahun Ratu Charlotte dari Inggris.

Baca JugaBlok M Potret Sosial Remaja Ibukota Pada Masanya

Perempatan Harmoni sekarang

Perempatan Harmoni sekarang

Sekarang gedung Harmoni sudah tinggal kenangan bersejarah. Pada bulat Maret 1985 gedung Societeit De Harmonie dirobohkan untuk pelebaran jalan dan tempat parkir kantor Sekretariat Negara tepat ketika gedung yang pernah mejadi hits di kalangan orang Eropa di Batavia tersebut berumur 170 tahun. Meskipun gedung tersebut sudah tidak ada lagi, nama Harmoni tetap melekat sebagai destinasi yang merujuk pada kawasan di ujung Jalan Veteran dan Jalan Majapahit di Jakarta Pusat.

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter
loading…


QWords
CityHype
Gizmo.id
The GeoTimes
Islandnesia