Background Image

Cara Unlock Modem Bolt

infojakarta.net – Baru-baru ini sedang ramai-ramainya penghentian layanan PT Internux (Bolt) pada frekuensi 2,3 Ghz oleh pemerintah melalui kementerian Komunikasi pada akhir tahun lalu, tepatnya pada tanggal 28 Desember 2018.

Meskipun sudah ada keputusan pemerintah tentang layanan 4G LTE operator telah dihentikan, bahwasanya bagi para pengguna modem Bolt masih bisa menggunakan perangkat tersebut dengan mengaksesnya melalui kartu SIM operator lain. Kok bisa? Bagaimana caranya? Nah, caranya adalah dengan melalui proses unlock terlebih dahulu pada perangkat tersebut. Dalam istilah lainnya adalah proses pembukaan kunci SIM card.

Keputusan Menutup Izin Bolt

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memang secara resmi telah mencabut perizinan untuk penggunaan pita frekuensi radio 2,3 GHz untuk PT Internux (Bolt), PT Jasnita Telekomindo serta PT First Media karena dugaan bahwa ketiganya tidak mampu memenuhi kewajiban membayar Biaya Hak Penggunaan (BPH) spektrum frekuensi kepada negara.

Maka dari itu berdasarkan keputusan tersebut, ketiga perusahaan tersebut diminta segera memproses pengembalian hak pelanggan yang masih ada. Adapun proses pengembalian hak pelanggan tersebut berupa pengembalian pulsa dan kuota pelanggan. Selain itu juga pengembalian hak-hak pelanggan lainnya jika ada.

Unlock Modem Bolt

Melalui website resminya, Bolt pun menjelaskan ada beberapa cara untuk melakukan unlock di sejumlah modem yang menjadi produknya. Sayangnya masih banyak orang bingung untuk memprakteknya. Ditambah beberapa tipe modem dari Bolt ada yang tidak bisa langsung di-unlock.

Sejumlah tipe modem pun bisa di-unlock dengan menggunakan software bawaan resmi milik Bolt. Sedangkan jenis modem yang bisa di-unlock secara resmi dengan software resmi Bolt total dari 16 jenis modem hanya ada 4 jenis saja. Keempat modem tersebut adalah Arion (PL100), Alva (BL300), Helios G2 (BL500) dan Aquila Max (BL1). Itupun keempatnya hanya mendukung operator seluler Smartfren.

Dan sebagian lainnya, bisa dibuka dengan software yang harus dicari dan diinstal sendiri oleh tiap pengguna. Bolt mengistilahkan hal ini sebagai open market. Tak jarang juga sebagian lainnya ada yang diproduk dalam keadaan unlock.

Nah, selain itu modem bolt juga ada yang sama sekali tidak bisa di-unlock, contohnya adalah modem jenis Helios (BL100).Modem jenis satu ini memang mempunyai keterbatasan macam modem/router tipe Taurus. Karena secara umum modem jenis ini hanya mendukung jaringan 4G LTE TDD milik Smartfren.

Cara Unlock Modem Bolt

Bagi yang menggunakan modem dengan tipe yang bisa di-unlock, sebagaimana yang telah dijelaskan di awal Bolt sudah menyediakan cara sendiri untuk melakukan unlock, yaitu dengan menggunakan software resmi Bolt. Adapun untuk mendapatkan software resmi Bolt, Anda bisa mengunjungi link berikut, http://bolt.id/informasi-mifi.

Sedangkan caranya, sudah tentu akan tersedia petunjuk dari masing-masing operator seluler. Berbeda dari software resmi bawaan, software unlock yang di dapat dari Open Market saat penerapannya harus hati-hati karena umumnya akan ada virus perangkat tidak terduga. Virus perangkat ini paling fatal akan menyebabkan kerusakan pada perangkat.

Jika Anda masih kebingungan melakukan unlock sendiri pada modem Bolt, Anda bisa datang langsung ke gerai-gerai Bolt setempat. Gerai Bolt Zone sendiri tersebar di 28 titik di Indonesia yang lokasinya bisa Anda lihat melalui link berikut, http://bolt.id/strorelocation .

Sedangkan bagi Anda pelanggan Bolt baik pascabayar atau prabayar bisa juga sekalian melakukan refund pulsa yang masih tersisa di gerai Bolt Zone setempat. Demikianlah cara unlock modem Bolt, Anda bisa langsung mencari info lengkapnya melalui link resmi yang dibagikan. Selamat mencoba di rumah.

Afriliana Ambarani

amartaciptakanaka@gmail.com

No Comments

Post a Comment

Password reset link will be sent to your email