Background Image

Cara Pantau Jadwal MRT Jakarta Melalui Smartphone

Infojakarta.net – Saat ini MRT sudah hadir di Jakarta. Kehadiran transportasi baru yang diklaim anti macet ini disambut antusias dengan warga Jakarta. Tak heran jika akhirnya banyak yang ingin mencoba untuk naik MRT. Namun, sayangnya kadang masih yang ada yang bingung terkait jadwal dari MRT.

Bagi yang ingin mencoba naik MRT tapi masih bingung dengan jadwalnya tak perlu khawatir pasalnya ada cara yang mudah untuk memantau jadwal MRT Jakarta. Semuanya dapat dipantau melalui Smartphone. Lalu bagaimana caranya? Simak cara lengkap memantau jadwal MRT via smartphone berikut ini.

Memanfaatkan Fitur yang Ada di Google Maps

Cara pertama untuk memantau jadwal MRT Jakarta adalah menggunakan Google Maps. Siapa sangka jika google maps sekarang sudah dapat digunakan untuk memantau jadwal MRT? Dalam fitur terbarunya ini Google Maps menambahkan tidak hanya jadwal namun juga rute serta waktu tiba untuk MRT.

Lalu bagaimana cara akses untuk fitur tersebut? Berikut langkah-langkah untuk mengakses fitur tersebut.

  • Pertama tentu yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi google maps. Untuk google maps dengan fitur cek jadwal ini dapat diakses baik dari smartphone maupun desktop.
  • Kemudian masukkan nama destinasi awal tempat stasiun MRT berada.
  • Jika sudah memasukkan nama stasiun MRT kemudian tekan icon biru yang ada di bagian bawah sebelah kanan.
  • Selanjutnya akan ditampilkan beberapa ikon yang dapat digunakan untuk mencapai destinasi. Pilih ikon yang bergambar kereta dengan keterangan tulisan transit.
  • Nantinya akan ditampilkan jadwal lengkap dari stasiun asal ke stasiun tujuan. Mulai dari waktu sampai, rute, nama stasiun serta berbagai informasi lainnya.
  • Destinasi yang ada tersebut juga dapat diubah sesuai dengan tujuan.

Menggunakan Aplikasi

Jika tadi sudah dijelaskan mengenai cara untuk mencari jadwal MRT melalui google maps, ternyata ada juga cara lain untuk memantau jadwal MRT. Cara yang dimaksud adalah dengan menggunakan aplikasi. Ini menjadi cara kedua untuk memantau jadwal MRT yang akan dibahas.

Ada dua buah aplikasi yang biasa digunakan untuk memantau jadwal MRT. Ada aplikasi apa saja? Berikut beberapa di antaranya.

1. Trafi

Aplikasi bernama trafi ini menjadi salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk memantau jadwal dari MRT Jakarta. Selain dapat digunakan untuk memantau jadwal MRT, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk memantau jadwal Transjakarta lho. Lalu bagaimana cara penggunaannya?

  • Pastikan telah mendownload aplikasi trafi. Kemudian buka aplikasi trafi yang telah di download.
  • Ada beberapa opsi transportasi yang ada di sana. Pilih opsi transportasi yang akan dicari jadwalnya. Misalkan dalam kasus ini MRT maka pilih opsi train.
  • Setelah masuk ke opsi train kemudian pilih stasiun keberangkatan dan tujuan. Secara otomatis maka akan ditampilkan jadwal keberangkatan MRT di aplikasi tersebut.

2. Moovit

Selain menggunakan Trafi, masih ada aplikasi lain yang dapat digunakan untuk mengakses informasi jadwal MRT Jakarta. Apikasi yang dimaksud adalah Moovit. Sama seperti Trafi, aplikasi ini dulu digunakan untuk mengecek jadwal Transjakarta. Inilah cara penggunaan aplikasi Moovit.

  • Download aplikasi Moovit, kemudian buka aplikasi tersebut.
  • Di sana nantinya pengguna diminta untuk memasukkan tempat awal perjalanan dan tujuan. Kedua tempat tersebut sesuai dengan tempat dan tujuan yang diinginkan.
  • Selanjutnya pilih opsi MRT. Di sini akan ditampilkan jadwal lengkap dari MRT mulai dari tempat awal keberangkatan hingga ke tujuan.

Ternyata ada banyak opsi yang dapat digunakan untuk memantau jadwal MRT ya. Jadi bagi yang pertama kali menggunakan MRT tak perlu bingung lagi saat ingin mencoba untuk menggunakan transportasi yang satu ini.

Afriliana Ambarani

amartaciptakanaka@gmail.com

No Comments

Post a Comment

Password reset link will be sent to your email