Background Image

Cara Merawat Sneakers agar Tetap Awet dan Keren

Infojakarta.net – Sepatu sneakers merupakan jenis sepatu yang selalu tren di kalangan anak muda. Sepatu ini sangat pas untuk dipakai kemana-mana karena bentuknya yang simpel dan nyaman untuk bersantai. Modelnya yang selalu mengikuti perkembangan jaman membuat sepatu ini selalu diminati dari generasi ke generasi. Sepatu sneakers memiliki bahan dengan corak yang beragam sehingga kita bebas untuk memilihnya.

Kamu pastinya pengen jika sepatu sneakers kamu tetap awet dan keren saat dipakai. Berikut disajikan beberapa cara merawat sepatu sneakers agar tetap awet dan keren:

1. Perhatikan cara mencucinya dengan benar

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah bagaimana cara mencuci sepatu sneakers kamu. Sepatu sneakers termasuk salah satu jenis sepatu mahal oleh sebab itu, pastikan kamu merawatnya dengan benar. Lepaskan tali terlebih dahulu sebelum mencucinya. Kemudian gunakan spon halus untuk membersihkan kotoran dan debu yang menempel pada sepatu.

Rendam sepatu sebentar untuk melunturkan noda-noda yang menempel pada bagian dalam dan luar sepatu. Untuk noda yang sulit hilang, gunakan sikat halus untuk membersihkannya agar sepatu bersih dengan sempurna.

2. Jangan gunakan mesin cuci untuk mencuci sepatu sneakers

Hindarilah mencuci sepatu sneakers kamu menggunakan mesin cuci karena, dengan cara ini, sepatu sneakers kamu akan mudah sobek dan cepat rusak. Apalagi jika kamu menggunakan pengering untuk mengeringkannya, maka warna sepatu akan cepat memudar. Mencuci menggunakan mesin cuci memanglah mudah, namun kamu nggak mau kan jika sepatu sneakers kamu cepat rusak?

3. Gunakan spons dan sikat halus agar sepatu sneakers tidak cepat rusak

Jika sepatu sneakers kamu terlihat kotor dan berdebu, cukup gunakan spons halus untuk membersihkannya. Kamu dapat menyikatnya berlawanan arah dengan permukaan kulit sepatu kemudian mengelapnya dengan kain halus. Jika noda cukup sulit dibersihkan, kamu dapat mencelupkan spon atau sikat halus ke dalam air detergen kemudian menggosoknya.

Usahakan busa detergennya agak banyak agar busa tersebut dapat menghilangkan noda dengan mudah dan bersih sempurna.

4. Hilangkan noda dengan sikat gigi dan baking soda

Jika kamu telah menggunakan air hangat untuk menghilangkan noda di sepatu sneakers kamu namun noda tidak kunjung hilang, maka kamu dapat menggunakan sikat gigi bekas dan baking soda. Untuk sneakers yang berwarna putih, baking soda dapat dengan ampuh membersihkan noda pada sepatu tersebut. Untuk kotoran yang berada di sela-sela sepatu, kamu dapat menggosoknya dengan menggunakan sikat gigi.

5. Cara menjemur sepatu sneakers

Selain memperhatikan cara mencucinya, kamu juga harus memperhatikan juga bagaimana cara menjemur sepatu sneakers yang benar. Hindarilah menjemur sepatu sneakers di bawah matahari langsung karena hal tersebut dapat merusak warna sepatu sneakers kesayanganmu. Panas matahari yang berlebihan membuat warna sepatu akan cepat memudar.

Jemurlah sepatu dengan cara terbalik dan diangin-anginkan di tempat terbuka dan tunggulah hingga sepatu sneakers kamu benar-benar kering.

6. Rutinlah merawat sepatumu dan simpan di tempat yang tepat

Agar sepatu sneakers kamu tetap awet dan keren, maka kamu harus merawatnya secara rutin dan teratur. Setelah membersihkan dan mencucinya, maka simpanlah sepatu sneakers kamu di tempat yang kering dan tertutup sesuai dengan suhu kamar. Jangan menyimpan sepatu di tempat yang lembab karena dapat membuat sepatu menjadi cepat rusak.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk merawat sneakers agar tetap awet dan keren. Sepatu dapat berguna sebagai penyempurna penampilan kamu, jadi rawatlah dengan rutin dan benar. Semoga bermanfaat.

Afriliana Ambarani

amartaciptakanaka@gmail.com

No Comments

Post a Comment

Password reset link will be sent to your email