Background Image

Cara Merawat Kabel Charger Agar Tak Mudah Putus

Infojakarta.net – Mungkin kamu pernah mengalami kejadian ini, ketika kamu akan mengisi ulang ponsel seluler tiba-tiba tidak terisi. Padahal charger sudah di hubungkan dengan stop kontak listrik, kondisi listrik tidak padam, dan charger sudah terhubung ke ponsel. Kemudian kamu mencoba menggoyangkan charger atau melepas dan menghubungkan lagi tetapi tetap tidak terisi.

Setelah mengganti dengan kabel charger yang baru bisa digunakan untuk isi ulang ponsel lagi. Hal ini bisa disebabkan oleh kabel charger yang rusak atau terputus didalam. Sehingga baterai ponsel tidak isi ulang meskipun dihubungkan dengan charger. Kabel yang rusak bisa jadi karena cara penggunaan dan penyimpanan yang tidak tepat.

Tips Merawat Kabel Charger

Yuk simak cara merawat kabel charger berikut agar kabel chargermu awet dan tidak mudah putus:

1. Gulung Kabel Charger dengan Rapi

Menyimpan kabel dengan cara dililit mengikuti pola lama kabel charger dapat mengakibatkan kabel charger mudah putus di dalam. Sebaiknya, kamu menyimpan kabel dengan cara digulung melingkar dan disimpan ditempat yang tidak membuat kabel terjepit atau menekuk secara ekstrim.

2. Jangan Asal Tarik Kabel

Biasanya ada port atau stop kontak yang sulit untuk dihubungkan atau dilepaskan sehingga harus dipaksa untuk melepaskannya. Untuk kasus ini, hindari mencabut kabel charger dengan digoyang atau secara kasar. Sebaiknya cabut kabel dan kepala charger dengan lembut untuk menjaga kabel agar lebih awet.

3. Menggunakan Pelindung Kabel

Kamu dapat melindungi kabel dengan pelindung kabel, biasanya berbentuk seperti pegas dan dililitkan pada bagian kabel. Dengan menggunakan pelindung kabel ini dapat menghindari dari kerusakan atau kabel putus dari dalam. Selain itu, kabel chargermu akan terlihat unik dan lebih awet

4. Memasangkan Kabel dengan Kepala Charger Sesuai Merk Ponsel

Saat ini tersedia kabel data atau kabel USB yang cocok digunakan untuk berbagai merk. Selain itu, bisa dihubungkan dengan kepala charger merk tertentu dengan mudah. Sebaiknya gunakan kabel dan kepala charger original dan sesuai merk ponsel kamu. Hal ini agar kabel chargermu lebih awet dan ponselmu tidak mudah rusak.

Solusi Terbaik untuk Merawat Kabel Charger

Banyak sekali penyebab kabel charger terputus dan mudah rusak. Untuk menghindari hal terserbut, berikut ada solusi terbaik yang akan membuat chargermu lebih awet:

  • Menggunakan stop kontak yang dilengkapi saklar khusus untuk menghubungkan charger. Kamu juga bisa menggunakan stop kontak yang dilengkapi timer untuk mengatur lama isi ulang sesuai kebutuhan.
  • Setelah digunakan, kamu tidak perlu mencabut charger tersebut. Kamu bisa memutus arus pada charger dengan saklar pada stop kontak atau timer otomatis. Hal ini mencegah charger untuk tidak berkali-kali digulung.
  • Buatlah tempat khusus untuk posel saat mengisi ulang dengan jarak yang cukup dekat dengan tempat charger dihubungkan stop kontak. Hal ini bertujuan untuk menghindari kabel agar tidak mudah kendur atau tertarik.
  • Poin terakhir dan terpenting yaitu jangan mengisi ulang ponsel dekat dengan tempat tidurmu disaat kamu tidur. Hal ini sangat berbahaya karena kamu akan menerima radiasi ponsel dan rawan untuk tersengat listrik. Jadi harus tetap berhati-hati.

Itulah tips dan cara merawat kabel charger agar tidak mudah putus ataupun rusak. Jika kamu dapat menggunakan dan merawat dengan bijak dan tepat, maka kabel charger akan awet dan bisa lama digunakan. Selamat mencoba dirumah dan semoga bermanfaat membantu kamu merawat kabel chargermu.

Afriliana Ambarani

amartaciptakanaka@gmail.com

No Comments

Post a Comment

Password reset link will be sent to your email