Background Image

Bahaya dan Manfaat Telur Setengah Matang

Infojakarta.net – Apakah kamu salah satu orang yang senang mengkonsumsi telur setengah matang? Telur setengah matang memang cukup banyak menjadi pilihan apalagi disajikan untuk sarapan. Selain itu, telur setengah matang juga sangat cocok disajikan bersama dengan makanan yang berkuah seperti bubur dan lain sebagainya.

Rasa telur setengah matang yang nikmat dengan adanya sensasi tekstur telur yang masih cair akan membuat banyak orang ketagihan. Namun sebenarnya apa sih manfaat dari telur setengah matang? Apakah justru telur setengah matang akan membahayakan? Nah, untuk mencari jawabannya maka simaklah artikel di bawah ini.

Manfaat Telur Setengah Matang

Telur setengah matang adalah penyajian telur yang mana di masa hanya sebagian saja yang mengeras. Pada umumnya, waktu untuk menyajikan telur hanya setengah dari waktu memasak telur sampai matang. Misalnya apabila saat memasak telur goreng membutuhkan waktu 5 menit, maka saat memasak telur setengah matang hanya membutuhkan waktu 3 menit saja.

Bagian yang masih cair kental saat membuat telur setengah matang biasanya adalah kuning telurnya. Nah, hal tersebutlah yang akan memberikan berbagai macam manfaat untuk tubuh seperti di bawah ini:

  • Memberikan Asupan Protein yang Lebih Maksimal serta Lebih Banyak Diserap

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bawa telur adalah makanan yang memiliki kandungan gizi yang tinggi. Mulai dari protein, mineral, vitamin A dan juga vitamin b kompleks. Makan telur setengah matang akan membuat kandungan gizi pada telur tersebut menjadi lebih banyak yang diserap. Hal tersebut dikarenakan kualitasnya yang masih terjaga serta tidak terpapar panas saat memasaknya.

  • Kadar Kolesterol yang Lebih Rendah

Manfaat telur setengah matang juga baik untuk kesehatan karena kadar kolesterol yang jauh lebih rendah. Hal tersebut tentunya dikarenakan waktu yang digunakan untuk memasak telur setengah matang tidak lama-lama seperti memasak telur pada umumnya. penyerapan minyak pada cara memasak telur goreng akan jauh lebih sedikit saat memasaknya setengah matang.

Bahaya Telur Setengah Matang

Selain memiliki manfaat, telur setengah matang juga memiliki bahaya yang mengancam. Apa saja bahayanya?

  • Risiko Terpapar Bakteri

Bahaya pertama dari telur setengah matang yaitu meningkatkan risiko terpapar bakteri. Hal tersebut dikarenakan telur yang masih mentah pada umumnya terdapat kandungan bakteri salmonella. Bakteri tersebut apabila dikonsumsi bisa menyebabkan terkena berbagai risiko kesehatan.

  • Menyebabkan Tubuh Mengalami Gangguan Kesehatan

Selain menyebabkan risiko terpapar bakteri, telur setengah matang juga bisa menyebabkan tubuh mengalami gangguan kesehatan. Gangguan tersebut mirip dengan keracunan makanan. Hal tersebut akan membuat gangguan pada kondisi tubuh terutama pada pencernaan yang bisa mengalami muntah, mual, diare, pusing sampai dengan dehidrasi parah.

Konsumsi Telur Setengah Matang yang Benar

Agar terhindar dari bahaya telur setengah matang sebenarnya bisa disiasati dengan mengkonsumsi telur setengah matang yang benar. Nah, berikut ini beberapa tips untuk kamu yang ingin mengkonsumsi telur setengah matang yang benar.

  • Perhatikan Jenis Telur

Yang pertama untuk kamu yang ingin mengkonsumsi telur setengah matang dan terhindar dari bahayanya, maka perhatikanlah jenis telur yang akan dikonsumsi. Telur yang dianjurkan yaitu telur yang sudah ter pasteurisasi sehingga bakteri salmonella sudah dipastikan hilang

  • Perhatikan Waktu Memasak Telur Setengah Matang

selanjutnya kamu harus memperhatikan waktu untuk memasak telur setengah matang. Saat memasak telur setengah matang pastikan membutuhkan waktu ½ sampai dengan ¾ lama waktu memasak telur pada umumnya.

  • Perhatikan Kondisi Kesehatan Tubuh

Tips yang terakhir agar aman mengkonsumsi telur setengah matang yaitu harus memperhatikan kondisi kesehatan tubuh. Apabila kondisi tokoh kamu masih fit dan optimal, maka jika memiliki rencana untuk mengonsumsi telur setengah matang itu lebih baik. Akan tetapi sebaliknya, apabila kondisi Tubuh kamu sedang tidak fit seperti demam, flu dan juga kelelahan, maka sebaiknya tidak mengkonsumsi telur setengah matang.

Nah, itulah tadi ulasan tentang bahaya dan manfaat telur setengah matang. Telur setengah matang memang baik untuk kesehatan dan lezat namun harus tetap memperhatikan cara dan juga tips untuk mengkonsumsinya.

Afriliana Ambarani

amartaciptakanaka@gmail.com

No Comments

Post a Comment

Password reset link will be sent to your email