ATVNI Memperkuat Kehadiran Media Televisi Nasional

ATVNI Memperkuat Kehadiran Media Televisi Nasional

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Perkembangan industri penyiaran khususnya televisi mendapat tantangan baru di tengah meningkatnya industri konten media digital di Indonesia. Namun sejalan dengan itu, keran kebebasan informasi telah juga melahirkan konten-konten yang jauh dari nilai kejujuran, mendidik dan dapat dipertanggungjawabkan.

Karena itu, pada tanggal 25 Agustus 2017 lalu, tiga media televisi nasional yaitu PT. Cipta Megaswara Televisi (KOMPAS TV), PT. Net Mediatama Televisi (NET.) dan PT. Metropolitan Televisindo (RTV) sepakat menandatangani pembentukan Perkumpulan Televisi Nasional Indonesia atau dikenal dengan nama Asosiasi Televisi Nasional Indonesia (ATVNI) yang didirikan dengan Akte No. 59 Tanggal 25 Agustus 2017, Notaris Edward Suharjo Wiryomartani, SH, MKn. Pendiri ATVNI berkomitmen sebagai penyelenggara televisi yang program siarannya mengedepankan program yang mendidik dan menghibur, bersikap independen, memberikan informasi yang obyektif, terhindar dari kepentingan SARA, pornografi dan tentu menghormati serta menjunjung tinggi norma sosial, norma hukum, dan moral.

ATVNI Media

Terbentuknya asosiasi ini dimaksudkan pula untuk memperkuat kehadiran media televisi nasional agar beroperasi secara sehat dan mengembangkan etika, perilaku, tanggung jawab profesional dan pelayanan bagi anggotanya demi kepentingan masyarakat. Ketua pengurus Wishnutama Kusubandio mengatakan, “Prioritas program ATVNI ke depannya adalah untuk mengawal akselerasi Undang-Undang Penyiaran, regulasi di bidang digitalisasi dan roadshow di beberapa wilayah Indonesia untuk memperkenalkan ATVNI dan literasi media.”

Diharapkan dengan hadirnya ATVNI ini, akan menjadi penghubung yang efektif dengan para pemangku kepentingan (stakeholder) terkait dengan kegiatan anggotanya. Saat ini anggota ATVNI adalah KOMPAS TV, NET., dan RTV. Ke depan, keanggotaan ATVNI bukan hanya TV swasta tapi bisa juga lembaga penyiaran publik. Adapun susunan pengurus ATVNI saat ini adalah Wishnutama Kusubandio sebagai Ketua Pengurus, Mochamad Riyanto, S.H, M.Si sebagai Sekretaris Jenderal, Yonatan Stefanus Palulungan sebagai Bendahara. Dan untuk Dewan Pengawas adalah Satrio sebagai Ketua Pengawas, Charlie Kasim sebagai Wakil Ketua Pengawas, dan Azuan Syahril sebagai Anggota Pengawas.

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter
loading…


QWords
CityHype
Gizmo.id
The GeoTimes
Islandnesia