Belanja Imlek, Aksesoris Bergambar Ayam Api Paling Diburu

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

Menyambut Tahun Baru Cina atau Imlek pada Sabtu, 28 Januari 2017 ini, aksesoris atau hiasan Imlek kembali ramai diperjualbelikan. Belanja Imlek, aksesoris bergambar ayam api paling diburu.

Foto: majalah olahraga Indonesia online

Salah satu lokasi paling dikenal menjual beragam pernak pernik Imlek adalah di Jalan Pancoran, Glodok, Jakarta Barat, karena kerap menawarkan harga lebih murah dari tempat lain.

Segala hiasan dengan unsur ayam api, seperti gambar hiasan ayam api, amplop ang­pao dan lampion bergambar ayam api mendominasi kios-kios di kawasan Glodok. Ini karena tahun baru Imlek 2568 menandai dimu­lainya tahun ayam. Ada pula mainan kepala barongsai, patung dewa.

Baca juga: Kue Keranjang Simbol Kebersamaan dan Kerukunan Mencapai Kesuksesan

Harga yang ditawarkan ber­macam-macam. Lampion dibanderol Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu. Patung dewa dijual seharga Rp 75 ribu hingga Rp 100 ribu. Lilin merah di­tawarkan dengan harga Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu.

Belanja Imlek bisa di 5 tempat ini:

Petak Sembilan, Jakarta Barat

Glodok terkenal sebagai kawasan pecinan Jakarta, khususnya Jalan Pancoran atau Petak Sembilan. Selain beragam aksesori Cina yang dijajakan sepanjang waktu, disini juga tersedia aneka jajanan dan makanan.

Pasar Pagi Mangga Dua, Jakarta Utara

Pasar Pagi Mangga Dua relatif lebih nyaman dibanding Asemka dan Glodok karena di gedung berpendingin. Pernak-pernik imlek di sini juga bisa didapat dengan harga relatif miring, termasuk busana Imlek untuk anak hingga orang dewasa.

Pasar Asemka, Jakarta Barat

Jika bosan berbelanja di Glodok atau Mangga Dua, datanglah ke Pasar Asemka. Barang paling banyak diburu pembeli adalah imitasi bunga sakura atau menhua. Harga yang ditawarkan bervariasi, tergantung dari tinggi pohon, kelebatan daun, dan jenis bahan pembuat pohon, mulai dari Rp 350.000 hingga Rp 1,3 Juta. Pasar Asemka terletak di kolong jalan layang Jembatan Lima, Jakarta Barat. Letaknya tak jauh dari stasiun dan halte TransJakarta Kota.

Pasar Baru, Jakarta Pusat

Salah satu pusat perbelanjaan tertua di Jakarta ini khas dengan jalan yang dinaungi kanopi tinggi dengan toko-toko di kanan-kirinya. Pernak-pernik Imlek seperti baju, pajangan, dan hiasan dinding juga dijual di sini setiap jelang Imlek.

Kampoeng Cina, Jakarta Timur

Kampoeng Cina di Kota Wisata Cibubur bukan sekadar tempat Belanja, tapi juga berkonsep tempat wisata dengan desain serba Cina, dengan beberapa toko yang menjual perlengkapan Imlek.

(Tantri)

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter
loading…


QWords
CityHype
Gizmo.id
The GeoTimes
Islandnesia