Background Image

8 Kedai Es di Jakarta, dari yang Legendaris sampai Kekinian

Infojakarta.net – Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki dua musim yaitu musim hujan dan musim panas. Pada saat musim panas cuaca tentu akan terasa panas terlebih di kota metropolitan seperti Jakarta. Menjadi daerah yang cukup panas, Jakarta memiliki sederetan minuman dingin yang terkenal karena kesegaran dan kenikmatannya.

Bahkan ketenaran dari berbagai macam kedai es tersebut masih tetap eksis dan masih menjadi favorit bagi masyarakat hingga saat ini. Beberapa kedai es di Jakarta yang terkenal akan kenikmatannya tersebut yaitu terdiri dari sebagai berikut ini.

1. Locarasa

Salah satu jenis es yang dihidangkan oleh cafe Locarasa ini adalah Gelato dengan menghadirkan rasa lokal. Jika pada umumnya gelato menggunakan rasa seperti cokelat, storberi, green tea, dan lain sebagainya.

Maka berbeda halnya dengan cafe ini, dimana rasa yang dihadirkan adalah rasa tradisional. Varian rasa yang ditawarkan terdiri dari klepon, martabak, rujak, hingga tempe. Meskipun terdengar aneh, nyatanya konsep unik tersebut berhasil membuat rasa penasaran masyarakat. Banyak yang menganggap rasa hidangan asli Nusantara tersebut ternyata cocok untuk digunakan pada gelato.

2. Latteria Gelato

Gerai gelato lain yang tidak kalah tenar di kalangan masyarakat adalah Latteria Gelato. Jika cafe sebelumnya menghadirkan rasa tradisional maka konsep rasa dari Latteria Gelato ini lebih ke cita rasa internasional. Agar tidak kecewa dengan gelato yang dipilih nantinya, pengunjung diperbolehkan untuk mencicipi rasa gelato yang diinginkan terlebih dahulu.

3. Ragusa

Merupakan kedai es krim tertua di Jakartayang berdiri hingga 85 tahun yang didirikan oleh dua bersaudara dari Italia. Adapun hidangan unggulan yang terdapat pada kedai ini adalah Tutti Frutti dan Cassata Siciliana.

Mendengar namanya saja mungkin sudah membuat penasaran bagi pengunjung yang pertama kali datang ke kedai ini. Selain itu juga terdapat es krim unik lainnya yaitu es krim spagetti dengan bentuk menyerupai namanya.

4. Tropik

Sebenarnya tempat ini bukan merupakan kedai es akan tetapi sebuah restoran dengan menawarkan es krim pada menunya. Namun restoran ini justru terkenal akan es krim yang menjadi legendaris hingga saat ini. Hal ini dikarenakan es krim legendaris tersebut merupakan buatan sendiri sehingga memiliki rasa yang khas dan istimewa.

5. Es Teler Sari Mulia

Kedai es yang satu ini juga menjadi legendaris di Jakarta karena kehadirannya sejak tahun 1960. Hal tersebut membuat kedai EsTelerSariMulia dianggap menjadi pembuat es teler pertama di Indonesia. Tidak hanya es teler, kedai ini juga menghadirkan menu pendamping yaitu Pempek Megaria.

6. Tjan Njan

Es krim Tjanang merupakan sebutan lain dari es ini yang memiliki sejarah panjang dari tahun 1951. Saat ini es krim Tjan Njan dijual diberbagai rumah makan di daerah Jakarta. Ciri khas dari es ini adalah logo khusus yaitu gambar panda dengan pose mengacungkan jempolnya. Adapun rasa yang banyak menjadi favorit bagi masyarakat adalah kopyor dan durian.

7. Es Pisang Ijo Pemuda Sajian

Es pisang ijo memang berasal dari Sulawesi Selatan, akan tetapi di Jakarta juga terdapat kedai es yang terkenal akan cita rasa tersendiri dari es ini. Rasa manis yang pas dan dengan cita rasa pisang ijo asli membuat kedai ini tidak pernah sepi oleh pengunjung. Selain itu, porsi cukup besar juga membuat kedai es ini dapat memberikan kepuasan dalam menikmati kesegaranbagi pengunjungnya.

8. Baltic

Meskipun yang ditawarkan berupa es krim pada umumnya, kedai es krim Baltic juga menjadi salah satu tempat favorit bagi masyarakat. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan kehadiran dari kedai ini yang berdiri sejak tahun 1939 dan bertahan hingga saat ini.

Adapun varian rasa yang dihadirkan terdiri dari cokelat, stroberi, vanilla, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, kedai es krim ini tetap mempertahankan eksistensinya dengan mengikuti perkembangan zaman. Dalam hal ini, kedai es krim Baltic telah berhasil berinovasi mulai dari dekorasi yang lebih modern hingga penambahan varian rasa barunya.

Nah, itulah sederetan kedai-kedai es mulai dari yang legendaris hingga kekinian yang ada di Jakarta. Kedai-kedai es diatas tentu dapat menjadi pilihan yang dapat dikunjungi saat berada di Jakarta dengan cuaca teriknya.

Afriliana Ambarani

amartaciptakanaka@gmail.com

No Comments

Post a Comment

Password reset link will be sent to your email