5 Tips Melindungi Diri dari Polusi Udara Jakarta

5 Tips Melindungi Diri dari Polusi Udara Jakarta

Polusi udara merupakan salah satu masalah lama di Kota Jakarta yang tak kunjung mendapatkan solusi. Hal ini tidak lain merupakan efek samping dari besarnya arus industrialisasi di Ibu Kota yang tidak pernah surut.

Dalam jangka panjang, polusi udara dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan serius mulai dari gangguan pernapasan (ISPA), kanker paru-paru, dan kanker kulit. Sementara dalam jangka pendek, polusi dapat menyebabkan iritasi pada organ-organ tubuh yang sensitif seperti mata dan kulit kepala. Meski demikian, faktanya masih banyak orang yang meremehkan dampak polusi udara terhadap kesehatan.

Untuk melindungi diri dari polusi udara di Jakarta, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda praktikkan:

  1. Gunakan Masker saat Bepergian

Menggunakan masker merupakan salah satu langkah pencegahan yang paling praktis untuk menghindarkan diri dari ancaman udara yang kotor. Selain bisa melindungi saluran pernapasan dari polusi, penggunaan masker juga bisa mengurangi risiko terkena penyakit yang dapat ditularkan melalui udara seperti influenza, tuberkulosis, dan selesma.

  1. Makan Makanan Bergizi

Tubuh Anda sejatinya telah dilengkapi dengan sistem pelindung untuk menghindarkan Anda dari penyakit. Sistem ini hanya dapat bekerja dengan maksimal apabila mendapatkan gizi yang cukup. Oleh karena itu, makan makanan bergizi merupakan cara melindungi diri yang sangat ampuh untuk mencegah munculnya berbagai penyakit yang disebabkan oleh polusi udara.

  1. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Menerapkan pola hidup sehat terbukti ampuh untuk menurunkan risiko terjadinya masalah kesehatan akibat dampak polusi. Untuk itu, mulai sekarang biasakanlah diri Anda untuk menghindari gaya hidup tidak sehat seperti merokok, begadang, mengonsumsi junkfood, dan jarang berolahraga. Sebisa mungkin hindari juga rasa stres yang menumpuk dengan menekuni berbagai hobi yang menjadi kegemaran Anda.

  1. Hindari Kawasan Industri

Beberapa titik di Jakarta merupakan kawasan industrial dengan intensitas polusi udara yang lebih tinggi dibandingkan dengan kawasan lainnya. Sebisa mungkin hindari untuk tinggal atau menetap di sekitar kawasan tersebut. Sekalipun Anda bekerja di kawasan yang rentan terhadap paparan polusi, pilihlah kost atau rumah tinggal yang berada dalam radius 5-10 km dari kawasan tersebut. Hal ini secara efektif dapat mengurangi risiko paparan zat-zat polutan terhadap tubuh Anda.

  1. Bepergian untuk Mencari Udara Segar

Di tengah hiruk pikuknya kehidupan di area perkotaan, ada baiknya untuk sesekali mencari penyegaran bagi diri Anda sendiri. Saat sedang libur atau ketika akhir pekan, Anda dapat “lari” sejenak dari keruwetan Jakarta yang penuh polusi ke tempat-tempat yang lebih asri. Salah satu destinasi yang bisa menjadi pilihan adalah Kota Bogor atau Bandung yang dikenal memiliki ragam wisata alam yang masih asri dan bebas polusi.

Itulah 5 tips yang dapat Anda praktikkan guna melindungi diri Anda dari bahaya polusi Jakarta. Sebagai penutup, ada baiknya untuk tidak menganggap remeh dampak polusi udara terhadap kesehatan, sebab udara yang dihirup secara langsung turut memengaruhi kualitas kesehatan Anda.

loading…


QWords
CityHype
Gizmo.id
The GeoTimes
Islandnesia