Background Image

5 Kalimat Sepele yang Bikin Kamu Gagal Diterima Kerja

Infojakarta.net – Bagi pencari kerja, bagian interview adalah bagian yang paling menakutkan. Para pelamar akan dihadapkan dengan HRD yang terlihat perfeksionis dan melihat gerak gerik kamu secara teliti. Bagian interview sering menjadi momok bagi para pelamar karena banyak hal yang harus diperhatikan.

Saking banyaknya hal yang harus diperhatikan, hal-hal sepele malah sering luput dari kesadaran para pelamar. Dan justru hal-hal sepele tersebutlah yang membuat mereka gagal diterima dalam pekerjaan idaman mereka. Banyak para pelamar yang tidak menyadari ini, dan sering merasa mereka kurang di bidang akademik. Padahal, hal-hal simpel lah yang membuat mereka gagal.

Nah, agar kamu tidak menjadi para pelamar yang gagal dalam interview, kamu bisa membaca artikel berikut ini. Kami akan membeberkan lima kalimat simpel dan sepele yang memungkinkan kamu gagal diterima dalam interview kerja. Kalimat seperti apa itu?

1. “Saya butuh pekerjaan ini!”

Pertanyaan yang sering muncul dalam interview adalah, “Kenapa Anda ingin diterima di perusahaan ini?” atau, “Kenapa Anda ingin bekerja bersama kami?” dan apabila kamu menjawabnya dengan, “Saya butuh pekerjaan ini!” itu sudah mengurangi nilai kamu di mata para HRD lho.

Sudah jelas, tujuan kamu mencari pekerjaan. Tapi akan lebih baik jika kamu tidak menggunakan kalimat-kalimat yang mengarah kepada permohonan. Jangan tunjukkan bahwa kamu terkesan desperate dalam mendapatkan pekerjaan tersebut. Sebaliknya, jawab saja hal-hal yang berkaitan tentang nilai plus perusahaan yang menarik perhatian kamu.

2. “Saya Tidak Punya Kelemahan”

Pertanyaan ini juga sering sekali muncul dalam interview, “Apa kelemahan terbesar Anda?” biasanya para pelamar akan mencoba untuk sok keren dengan menjawab “Saya tidak punya kelemahan”, tapi sebenarnya jawaban ini merupakan salah besar! Setiap manusia pasti ada kelemahan dan bahkan para HRD di depan kamu pun punya, jadi hindari jawaban ini.

Jadi, bagaimana mengatasinya? Ya jujur saja dengan kelemahanmu. Ceritakan salah satu kelemahanmu dan ceritakan juga upaya kamu dalam mengatasi tersebut. Jadi kesannya, kamu memiliki kelemahan tapi kamu ada usaha untuk meminimalisirnya. Tipsnya, jangan sebutkan kelemahan kamu yang berhubungan dengan pekerjaan kamu, ya.

3. “Tidak ada pertanyaan.”

Dalam akhir interview pekerjaan, kamu biasanya akan ditanyai oleh HRD, “Apakah ada pertanyaan?” hal yang harus kamu lakukan adalah, jangan diam! Atau malah menjawab, “Tidak ada pertanyaan.” Karena itu termasuk kesalahan fatal dan nilai kamu akan berkurang.

Pasalnya, pewawancara menggunakan kesempatan ini untuk melihat apakah kamu sungguh-sungguh tertarik dengan perusahaan ini. Jadi, kamu harus bertanya apa pun yang menjadi perhatian kamu terkait perusahaan yang kamu lamar.

4. “Apakah posisi ini memberikan tunjangan yang saya harapkan?”

Lanjut dari tips di atas, terhadap pertanyaan, “Apakah Anda ada pertanyaan untuk kami?”  sebaiknya kamu memberikan pertanyaan daripada diam. Namun, pertanyaan balik seperti menanyakan tunjangan adalah hal yang salah besar.

Kalimat ini memberi kesan bahwa kamu hanya mencari untung saja di perusahaan ini. Ini akan bertolak belakang dengan semua pidato kamu yang menyanjung perusahaan di awal interview. Jadi, hati-hati untuk tidak menanyakan tentang apa yang akan kamu dapatkan di perusahaan ini.

Itulah tadi lima kalimat sepele yang memungkinkan kamu gagal dalam interview kerja. Jangan sekali-sekali mengucapkan kalimat tersebut, karena HRD akan langsung menilaimu kurang bahkan minus. Jagalah selalu ucapan kamu dari mulai masuk hingga keluar dari ruangan interview.

 

Afriliana Ambarani

amartaciptakanaka@gmail.com

No Comments

Post a Comment

Password reset link will be sent to your email