Background Image

5 Jenis Rempah yang Manfaatnya Dipercaya Bisa Menurunkan Risiko Kanker

Infojakarta.net – Gangguan kesehatan atau penyakit tentu dapat menyerang setiap makhluk hidup tidak terkecuali manusia. Bahkan penyakit yang diderita oleh manusia saat ini terus mengalami perkembangan seiring bertambahnya waktu. Salah satu penyakit yang dulu sangat jarang ditemui adalah neoplasma gana atau lebih dikenal dengan istilah penyakit kanker.

Bahkan saat ini, penyakit kanker dapat menyerang siapa saja tanpa memandang umur serta menjadi salah satu penyakit paling mematikan. Mekanisme dari penyakit kanker sendiri yaitu dengan menghancurkan jaringan tubuh secara tidak terkendali oleh sel-sel abnormal.

Akan tetapi penyakit ini dapat dicegah dengan beberapa tumbuhan khususnya jenis rempah yang sudah diteliti dalam bidang kesehatan. Adapun jenis-jenis tumbuhan rempah yang dapat berfungsi menjadi obat penangkal kanker diantaranya dari sebagai berikut ini.

1. Bawang Putih

Siapa yang tidak mengenal bumbu dapur dengan aroma khas ini. Tidak hanya dapat digunakan sebagai penyedap serta penambah cita rasa makanan saja. Akan tetapi bawang putih yang sudah dikonsumsi sejak zaman Mesir Kuno ini juga dapat sangat berguna berguna bagi kesehatan tubuh.

Kandungan anti bakteri allicin yang terdapat di dalam bawah putih sudah dibuktikan mampu menyembuhkan beragam penyakit. Penyakit kanker juga menjadi salah satu penyakit yang tidak lepas dari penyembuhan tersebut.

2. Kapulaga

Sebagian orang-orang mungkin akan merasa asing dengan bumbu dapur yang satu ini. Kapulaga sendiri merupakan rempah yang termasuk ke dalam jahe-jahean. Adapun asal dari rempah-rempah ini yaitu dari India dimana masyarakatnya menggunakan kapulagasebagai bumbu berbagaijenis makanan khas India.

Rempah ini juga memiliki rasa dan wangi yang khas sehingga membuat makanan terasa lebih nikmat. Sementara itu, dalam bidang kesehatan kapulaga juga dipercaya dapat mencegahkanker serta menurunkan kolesterol. Dalam hal ini, kapulaga memiliki kandungan zat anti karsinogenik yang sangat berperan penting dalam mencegah penyakit kanker.

Terdapat juga studi yang mengatakan bahwa penggunaan kapulaga mampu menangkal kanker kolorektal hingga mencapai 48%. Penelitian tersebut dilakukan di salah satu lembaga Kolkata yaitu Chittaranjan National Cancer Institute.

3. Cabai

Tidak sedikit orang-orang suka akan cita rasa pedas penggugah selera yang dihasilkan oleh cabai. Cabai sendiri memiliki berbagai jenis yaitu cabai keriting, cabai rawit, cabai hijau, dan lain sebagainya.

Namun siapa sangka jika cabai juga memiliki manfaat dalam bidang kesehatan terutama pencegah penyakit kanker. Dalam hal ini, cabai memiliki kandungan senyawa yang dikenal dengan istilah capsaicin. Senyawa tersebut memiliki fungsi yaitu mampu menetralisir pertumbuhan sel-sel kanker yang terdapat di dalam tubuh.

4. Daun Serai

Rempah lain yang tidak jarang dijumpai adalah serai denganfungsinya yaituuntuk memberikan wangi khas pada masakan. Bagian yang digunakan pada olahan masakan adalah batangnya. Akan tetapi, sebagai obat untuk mencegah penyakit kanker bagian tanaman yang digunakan bukanlah batang melainkan daunnya.

Hal tersebut dikarenakan daun serai memiliki senyawa citral yang merupakan salah satu zat anti karsinogen. Senyawa citral tersebut dipercaya mampu membantu membunuh sel kanker yang terdapat pada tubuh.

5. Kunyit

Rempah terakhir yang memiliki fungsi sebagai bahan alami pencegah kanker adalah kunyit. Rempah yang juga kerap digunakan sebagai zat warna alami inidipercaya mampu mengobati penyakit kanker.

Kandungan anti oksidan yaitu senyawa curcumin yang terdapat pada kunyit memiliki peran yaitu menghancurkan serta membunuh sel-sel kanker. Selain itu, pengolahan dari rempah ini juga dianggap mudah dan praktis yaitu dimakan langsung atau diparut dan diseduh dengan air.

Itulah berbagai jenis tumbuhan rempah yang dianggap mampu mencegah penyakit kanker. Selain mencegah kanker, kandungan senyawa alami yang terdapat di dalam jenis rempah-rempah diatas juga memberikan manfaat lainnya bagi kesehatan tubuh tentunya.

Afriliana Ambarani

amartaciptakanaka@gmail.com

No Comments

Post a Comment

Password reset link will be sent to your email