5 Camilan Penghilang Stress karena Bekerja yang Bisa Anda Konsumsi

5 Camilan Penghilang Stress karena Bekerja yang Bisa Anda Konsumsi

InfoJakarta.net – Memakan camilan bisa dibilang sebagai salah satu cara untuk menghilangkan stress yang paling ampuh. Oleh sebab itu, tidak sedikit orang yang memilih untuk berkumpul di restoran fastfood setelah bekerja seharian. Namun, tidak semua camilan itu memberikan dampak yang baik pada diri Anda.

Kadar hormon stress akan meningkat dengan cepat ketika Anda terbelenggu oleh tekanan sehari-hari. Kortisol Anda akan memunculkan sensasi ngidam, dan ngidam akan membuat Anda ingin memakan makanan yang bergula dan berkalori tinggi. Akan tetapi justru semakin banyak fastfood yang Anda makan, maka mood Anda justru akan semakin memburuk.

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, ada sejumlah makanan sehat yang bisa Anda makan sebagai camilan untuk menghilangkan stress karena pekerjaan. Makanan-makanan berikut ini mengadung berbagai nutrisi yang baik dan telah terbukti mampu memberikan dorongan energi, menurunkan hormon stres kortisol, dan juga meningkatkan kadar hormon bahagia.

 Alpukat

Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang mengandung banyak glutathione. Glutathione sendiri merupakan senyawa unik yang secara khusus memblokir penyerapan lemak tertentu di dalam usus yang dapat menyebabkan kerusakan oksidatif. Buah yang satu ini juga mengandung lutein, beta karoten, vitamin E, dan folat yang lebih banyak dibandingkan buah yang lainnya. Anda bisa mamakannya dengan menumbuknya hingga halus terlebih dahulu. Kemudian, oleskan pada roti panggang yang masih hangat atau olah menjadi puding yang manis. Akan tapi, satu hal yang perlu Anda ingat adalah meskipun alpukat merupakan buah, tetapi buah ini juga terhitung sebagai asupan lemak. Oleh karena itu, bijaklah dalam mengatur porsinya.

Berry

Berry merupakan salah satu jenis buah yang mengandung banyak antioksidan. Kandungan antioksidan pada buah ini bermanfaat untuk menajamkan kemampuan kognitif otak dan melindungi jantung. Selain itu, buah ini juga telah terbukti mampu mengurangi peradangan, mencegah kolesterol darah teroksidasi, serta membatu menjaga kesehatan pembuluh darah.

Semua buah dari keluarga berry mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin inilah yangakan membantu Anda untuk melawan stress. Anda bisa menjadikan buah ini sebagai sarapan di pagi hari dengan cara menambahkannya pada yoghurt, sereal atau bubur oatmeal.

Selain vitamin C, buah ini juga mengandung banyak serat dan kalori yang rendah, sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai berat badan Anda yang akan meningkat jika Anda memakannya dalam jumlah yang banyak. Kandungan serat yang terdapat pada buah ini juga akan membuat Anda kenyang lebih lama.

 Jeruk

Jeruk merupakan buah yang disebut sebagai gudangnya vitamin C. Vitamin yang satu ini memiliki manfaat yang sangat besar untuk tubuh dan sudah terbukti ampuh mengurangi efek fisik dan psikologis dari tekanan stress.

Kadar vitamin C tertinggi dalam tubuh terdapat pada kelenjar adrenalin. Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa stress dapat menguras persediaan vitamin C yang ada di dalam tubuh. Inilah yang menyebabkan orang dengan kadar vitamin C yang tinggi tidak akan menunjukkan tanda stress mental dan fisik yang diharapkan saat mengalami tantangan psikologis. Terlebih lagi mereka dilaporkan dapat lebih cepat bangkit kembali dari siturasi stress dari pada orang dengan kadar vitamin C yang rendah dalam daranya.

 Kacang mede

Menjadikan kacang mede sebagai camilan dipercaya sebagai cara yang dapat menghilangkan stress yang paling baik. Hal ini dikarenakan kacang mede mengandung kadar zinc yang tinggi pada setiap ons-nya. Kadar zinc yang rendah dalam tubuh telah dikaitkan dengan kecemasan tinggi dan kecenderungan mengalami depresi. Karena tubuh kita tidak memiliki fasilitas yang dapat menyimpan cadangan zinc, maka Anda harus mendapatkan asupannya setiap hari. Namun, Anda harus membatasi porsi kacang mede yang Anda makan. Sebab, kacang ini termasuk kudapan yang mengandung kalori tinggi.

 Dark chocolate

Penelitian menunjukkan bahwa cokelat dapat mengurangi kadar hormon stress dalam tubuh kita. Namun, kita juga tidak boleh memilih cokelat secara sembarangan. Jenis cokelat yang dipercaya dapat menurunkan kadar stress adalah dark chocolate. Cokelat hitam ini diketahui dapat menurunkan tekanan darah yang dapat memicu perasaan tenang. Selain itu, cokelat ini juga mengandung polifenol dan flavonol (dua jenis antioksidan penting) dalam jumlah yang banyak dibandingkan beberapa jus buah. Anda bisa menjadikan cokelat ini sebagai camilan tanpa harus mengkhawatirkan penambahan berat badan Anda. Itulah lima camilan yang dapat menghilangkan stress akibat pekerjaan yang bisa Andakonsumsi. Semoga bermanfaat.

loading…


[related_post themes="flat" id="16466"]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

CityHype
Gizmo.id
The GeoTimes
Islandnesia