Background Image

5 Bahaya Kantong Plastik

Infojakarta.net –  Dalam kehidupan sehari-hari, sudah lumrah rasanya jika memakai kantong plastik. Entah itu untuk tempat belanja kamu, untuk tempat makanan dan lainnya. Sekarang memang sedang tren mengganti kantong plastik dengan kantong berbahan lainnya, namun tidak bisa dipungkiri, kantong plastik masih menjadi nomor satu pilihan masyarakat.

Tapi apakah kamu tahu, bahwa sebenarnya kantong plastik itu cukup membahayakan? Tidak hanya fenomena global warming saja yang mampu membuat bumi ini rusak, namun kantong plastik akhir-akhir ini juga ikut andil. Yang kami bicarakan di sini adalah sampah kantong plastik, di mana kantong plastik yang sudah tidak dipergunakan lagi dibuang secara sembarangan.

Mungkin sebagian orang tidak paham dengan bahaya kantong plastik karena kelihatannya sepele. Untuk itu, kami ungkap beberapa bahaya kantong plastik yang mampu mengancam eksistensi bumi ini.

1. Meracuni Makhluk Hidup

Sifat jelek dari kantong plastik adalah tidak bisa terurai dengan cepat. Apabila orang membuang sampah plastik sembarangan di sungai atau laut, makan plastik tersebut akan termakan oleh hewan. Meskipun sudah dimakan, tapi plastik tersebut tidak bisa hancur dan akhirnya tetap di dalam tubuh hewan tersebut.

Ketika hewan tersebut mati dan menjadi bangkai, plastiknya tidak akan hancur. Dan itulah yang berbahaya, sebab itu akan menjadi racun dan menyebar ke hewan lainnya maupun perairan tempat hewan itu berada. Karena sudah masuk ke perairan, semua makhluk hidup yang tergantung pada air tersebut akan terkena imbasnya.

Meskipun kalau itu tipe plastik yang bisa terurai pun, tetap bisa menjadi racun. Tipe plastik yang mengurai biasanya mengandung bahan kimia penuh racun seperti Styrene Trimer, Bisphenol A dan Polystyrene.

2. Gangguan Kesehatan Pada Manusia

Kantong plastik memang terlihat sangat efisien dan membantu kita dalam kehidupan sehari-hari, namun siapa sangka kalau ternyata plastik ini dapat mengancam kesehatan kamu. Seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya, plastik ada yang terurai dan tidak mudah terurai. Jika sampai plastik tersebut terurai, maka bahan kimianya akan menyerangmu.

Plastik yang mengurai akan menyebarkan bahan kimia beracun di udara. Jika kamu sampai menyentuhnya, maka kamu akan terserang beberapa gangguan kesehatan. Gangguan kesehatan yang bisa terganggu akibat terurainya plastik bisa beragam. Ada yang menyerang organ reproduksi kamu, gangguan pada paru-paru, hingga munculnya potensi sel kanker.

Yang paling parah adalah apabila kamu menghirup bahan kimia beracun tersebut. Bagian sistem saraf kita pun mampu terserang sehingga terjadi kerusakan di sana. Gangguan sistem saraf ini pun biasanya bakal berimbas juga pada kinerja organ-organ dalam kita yang lain.

3. Perubahan Iklim

Percaya tidak percaya, kantong plastik dapat memengaruhi perubahan iklim. Sejak proses produksi hingga tahap penguraian, sampah plastik mengemisikan gas rumah kaca ke atmosfer. Kegiatan produksi plastik membutuhkan sekitar 12 juta barel minyak dan 14 juta pohon setiap tahunnya. Proses produksinya sangat tidak hemat energi.

Saat ini berbagai negara di dunia mulai melarang dan merespon bahaya penggunaan kantong plastik, seperti di Kenya dan Uganda yang sudah secara resmi melarang penggunaan kantong plastik. Sejumlah negara lain juga mulai mengurangi penggunaan kantong plastik.

4. Menurunkan Tingkat Kesuburan Tanah

Plastik tidak hanya buruk bagi perairan, namun juga buruk bagi tanah. Jika sampah plastik tidak dibuang secara baik dan benar, dampaknya akan memperburuk kesuburan tanah yang ada di sekitarnya. Ini disebabkan karena sirkulasi udara di tanah terhambat oleh sampah plastik yang ada di atasnya.

Makhluk bawah tanah seperti tikus dan lainnya juga akan terganggu. Mereka jadi tidak bisa bergerak bebas untuk beraktivitas seperti biasa. Padahal, hewan-hewan tersebutlah yang secara alami menyuburkan tanah. Jika mereka tidak beraktivitas, maka lama kelamaan tanah akan berkurang tingkat kesuburannya.

Itulah beberapa bahaya penggunaan kantong plastik yang perlu diketahui agar mengurangi penggunaannya sehingga limbah plastik juga akan berkurang.

Afriliana Ambarani

amartaciptakanaka@gmail.com

No Comments

Post a Comment

Password reset link will be sent to your email