10 Manfaat Ilmiah Puasa Pada Kesehatan Tubuh

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter

puasa

Selain sebagai ladang pahala bagi umat muslim, puasa di bulan Ramadhan ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Agar semakin termotivasi dalam menjalanka ibadah puassa, kita juga perlu tahu apa saja manfaat puasa dari segi ilmiah.

1. Untuk Jantung dan Pembuluh Darah
Puasa memiliki dampak yang baik bagi jantung. ketika berpuasa, tubuh kita mengalami peningkatan HDL dan penurunan LDL

2. Mencegah Penyakit Kronis
Selain menahan lapar dan haus, puasa juga mewajibkan kita untuk menahan amarah, hal ini membuat psikologis seseorang yang menjalankan ibadah puasa menjadi lebih tenang. secara alamiah ketenangan dapat menurunkan kadar adrenalin dalam tubuh yang bisa mencegah pembentukan kolesterol, dan kontraksi empedu. selain itu dapat juga mengurangi resiko penyakit pembuluh darah, jantung dan otak.

3. Membuat Pola Pikir lebih Tajam an lebih Kreatif
Pikiran yang lebih tenang membuat otak bekerja lebih tajam, selain itu, ditinjau dari segi insting, rasa lapar memaksa kita untuk berfikir lebih tajam dan kreatif

4. Performa Seksual meningkat
Penelitian tentang testoteron, Perangsang kantung (FSH) dan lemotin (LH) membuktikan bahwa puasa hanya menurunkan hormon testoteron sementara, setelah dijalankan beberapa hari, justru produksi hormon testoteron dan performa seksual justru meningkat.

5. Mengurangi Kegemukan
Dengan berpuasa, usus menjadi lebih bersih dari sisa-sisa makanan. kelebihan sisa makanan yang mengendap dalam tubuh menjadikan lemak di perut. selain itu, puasa juga membantu tubuh memperbaiki pencernaan tubuh, sehingga sirkulasi makanan dan buang air menjadi lebih lancar.

6. Mencegah dan Menyembuhkan penyakit Mental
Dr. Ehret menyatakan bahwa beberapa hari berpuasa akan memberikan dampak pada kesehatan fisik, dan lebih lanjut untuk mendapatkan kesehatan mental, seseorang harus berpuasa lebih dari 21 hari.

7. Meningkatkan sistem Imun
Puasa justru meningkatkan kekebalan tubuh. ketika seseorang berpuasa, akan terjadi peningkatan limfosit sampai 10 kali lipat dalam tubuh.

8. Menyehatkan Ginjal
Fungsi ginjal akan maksimal bisa kekuatan osmosis urin mencapai 1000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air. dengan berpuasa, asupan air akan berkurang, dan membuat ginjal semakin sehat.

9. Mencegah Diabetes
Penyakit kelebihan nutrisi seperti Obesitas, Hiperkolesterol dan Diabetes dapat dicegah dengan berpuasa, karena konsumsi gula dan makanan berlemak lebih terkontrol.

10. Menyembuhkan nyeri sendi
Dengan berpuasa, sel penetral alami dalam tubuh akan meningkat. Dengan ini lambat laun penyakit encok dan nyeri sendi akan sembuh. Sebuah penelitian menemukan adanya korelasi antara meningkatnya kemampuan sel penetral (pembasmi bakteri) dengan membaiknya radang sendi penyebab encok.

(Source)

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on Twitter
loading…


QWords
CityHype
Gizmo.id
The GeoTimes
Islandnesia